Renault Bermetamorfosis Jadi Lotus Renault GP!

billy - Rabu, 8 Desember 2010 | 18:33 WIB

(billy - )


OTOMOTIFNET - Rumor yang pernah dilontarkan oleh pemilik tim Renault yaitu Gerard Lopez yang bakal menjual saham mayoritas di tim Renault, akhirnya diwujudkan juga hari ini. Uniknya, karena saham terbesar tim tersebut langsung dibeli oleh Group Lotus yang juga terkenal konsisten dalam dunia motorsport.

“Kami bangga akhirnya kami berhasil menjual separuh saham kami dan akan tampil ndi F1 2011 mendatang dengan nama Lotus Renault GP. Ini adalah era baru dalam tim kami, karena berpartner dengan Group Lotus. Investasi ini tentunya sangat penting untuk masa depan, dan kami akan memulai segala sesuatunya dengan gaya yang baru,”papar Lopez.

Tentunya ini akan menjadi kontradiksi tersendiri, pasalnya musim depan Lotus akan mempunyai dua tim di F1, yaitu Lotus Racing dan Lotus Renault GP. Kabarnya tim Lotus Racing juga bakal menggunakan mesin Renault, dan ini membuat Renault akan memasok mesin lebih banyak lagi untuk F1 musim 2011 mendatang.

“Ajang F1 adalah ajang yang paling vital untuk membesarkan nama sebuah brand otomotif. Walaupun agak kontroversi tentang penggunaan brand kami di F1, namun kami sangat bangga bisa mengklarifikasi posisi kami di F1. Dan kami secara resmi kembali ke F1,” cetus Dany Bahar, CEO Group Lotus.

Bukan hanya mengambil saham lebih besar ketimbang Renault itu sendiri, namun warna tim Renault untuk musim depan pun berubah drastis. Jika musim ini di dominasi warna kuning dan hitam, musim 2011 mendatang warna hitam akan mendominasi dengan kelir kuning tipis di setiap bagiannya.

Tentunya kolaborasi pemasok dana dan kekuatan teknikal, pembalap dan kepiawaian merakit mobil jawara, masih dimiliki oleh tim Renault. Mengingat tim ini pernah meraih kemenangan dengan sangat fantastis dan mematahkan dominasi tim Ferrari di musim 2005 dan 2006. Wellcome aboard Lotus Renault GP…!