Rossi Memukau, Lorenzo Juara Dunia

Editor - Minggu, 10 Oktober 2010 | 14:54 WIB

(Editor - )


Foto : MotoGP

OTOMOTIFNET - Ekpektasi Valentino Rossi menjelang balapan MotoGP Sepang Malaysia, memang kurang yakin akan performanya sendiri. Apalagi performa motor dan pemilihan kompon ban di sesi kualifikasi kemarin, belum menemukan yang tepat. Namun di sesi balapan yang baru saja berlangsung, Rossi tampil sangat fantastis, seakan-akan ia tidak memiliki cedera pada bagian bahunya.

Mengawali balapan dari posisi keenam, tentunya membuat Rossi merasa sedikit kesulitan di awal balapan. Bahkan Rossi berhasil disalip oleh duo pembalap Rizla Suzuki yang berada di belakangnya dan terlempar di urutan ke-11 di awal balapan. Namun dengan ketelitian dan skill yang tidak diragukan lagi, Rossi tampil dengan sangat memukau.

Dalam waktu 2 lap saja, Rossi berhasil naik ke posisi keempat, dan kemudian perlahan menyalip satu persatu rivalnya, termasuk Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso yang sudah jauh berada di depan. Dan ini menjadi bukti bahwa Rossi masih bisa tampil sempurna kendati kondisi tubuhnya sendiri tidak tampil sempurna.

Andrea Dovizioso menjadi pembalap yang finis di podium kedua, yang juga cukup sempurna. Kendati Dovi sempat beberapa kali kesulitan menyalip Lorenzo yang memimpin balapan, namun ia tetap mampu mengamankan podium kedua dengan cukup sempurna.

Jorge Lorenzo yang terkesan tampil aman, sepertinya memang tidak ingin mengambil resiko terlalu besar. Ia harus mengamankan titel juara dunianya yang pertama di kelas tertinggi balap motor dunia ini, kendati hanya finis di podium ketiga. Lorenzo pun merayakannya dengan cara yang sederhana, yaitu dengan memperlihatkan tulisan “Game Over”. Hmm, mungkin artinya adalah perjuangannya meraih titel juara dunia musim ini berhasil sudah.

Nasib sial justru kembali dialami oleh Casey Stoner yang kembali terjatuh di lap-=lap awal. Padahal ekspektasi untuk meraih kemenangan di sirkuit ini cukup tinggi. Sayangnya ia tidak bisa ikut serta memperebutkan podium pertama di Malaysia.

Hasil MotoGP Sepang Malaysia 2010 :

1. Valentino Rossi ITA Fiat Yamaha Team 41m 3.448 detik
2. Andrea Dovizioso ITA Repsol Honda Team 41m 3.672 detik
3. Jorge Lorenzo ESP Fiat Yamaha Team 41m 9.483 detik
4. Ben Spies USA Monster Yamaha Tech 3 41m 17.172 detik
5. Alvaro Bautista ESP Rizla Suzuki MotoGP 41m 18.850 detik
6. Nicky Hayden USA Ducati Marlboro Team 41m 22.274 detik
7. Hiroshi Aoyama JPN Interwetten Honda MotoGP 41m 23.666 detik
8. Marco Simoncelli ITA San Carlo Honda Gresini 41m 27.022 detik
9. Marco Melandri ITA San Carlo Honda Gresini 41m 27.412 detik
10. Randy de Puniet FRA LCR Honda MotoGP 41m 35.298 detik
11. Hector Barbera ESP Paginas Amarillas Aspar 41m 42.027 detik
12. Mika Kallio FIN Pramac Racing 41m 42.297 detik

Tidak Finis :

Colin Edwards USA Monster Yamaha Tech 3
Aleix Espargaro ESP Pramac Racing
Loris Capirossi ITA Rizla Suzuki MotoGP
Casey Stoner AUS Ducati Marlboro Team

Penulis : Uda