Pilihan Kampas Rem Mobil, Smart dan Hemat

billy - Sabtu, 10 Maret 2012 | 10:22 WIB

(billy - )

Umur kampas rem relatif panjang, namun seiring tingginya frekuensi pemakaian, cara mengemudi hingga kondisi jalan membuat jadwal periodik pergantiannya bisa lebih cepat.

Akan lebih smart memilih produk murah, tapi yang kualitasnya tidak murahan. Produk aftermarket dengan merek terkenal umumnya punya kualitas bagus, dan bisa disejajarkan dengan komponen orisinil. Beberapa merek kampas rem yang sudah mendapat respon positif di pasaran yakni seperti Bendix, Ferodo dan ATE merupakan beberapa contoh produk aftermarket dengan kualitas baik.

"Soal mutu enggak kalah dengan komponen orisinil, harganya pastinya lebih kompetitif," yakin Juan P. Delano dari PT Sumber Berkat, agen resmi merek rem Ferodo. Pada daftar harganya, yang termurahnya Rp 140 ribu untuk Suzuki Futura 1.3. Adalagi merek Bendix yang menawarkan performa kepakeman dan konsistensi pengereman.

Tambahan teknologi titanium stripe yang dimilikinya diklaim langsung mengigit, sehingga tak perlu menunggu break-in beberapa ratus kilometer terlebih dahulu untuk bekerja lebih sempurna. "Hampir semua mobil Jepang kami menyediakan," ujar Timmy, Marketing Director PT Sumber Berkat Pratama yang menggawangi merek rem Bendix.

Sementara merek ATE yang dijajakan Alfa Omega, menyediakan ragam pilihan kampas rem berkualitas dengan harga yang bisa dibilang hemat untuk hampir semua tipe mobil Eropa yang beredar di Tanah Air. "Utamanya Mercedes-Benz dan BMW," tegas Zachary F.R. Kurniawan, pimpinan Alfa Omega.

Bicara harga, tawarannya cukup menarik. Satu set kampas rem belakang Mercedes-Benz C180 W202 tahun 1990-an bisa ditebus Rp 300 ribu saja. Tentunya lebih murah dibandingkan harga orisinalnya.

Ingat, murah bukan berarti murahan. Jangan salah pilih! (mobil.otomotifnet.com)