Ini Perbandingan Shockbreaker Mobil Tipe Gas dan Tipe Oli, Bagus Mana?

Dok Grid - Jumat, 12 Juli 2024 | 11:06 WIB

Sokbreker Tipe Oli Vs Gas Lebih Keras Gas? (Dok Grid - )

Otomotifnet.com - Di beberapa forum otomotif yang kami pantau, kerap muncul percakapan atau pertanyaan soal shockbreaker tipe gas.

Tak jarang ada komentar yang mengatakan kalau pakai shockbreaker tipe gas, akan membuat bantingan mobil jadi lebih keras.

Bahkan ketika OTOMOTIF menanyakan ke salah satu pedagang onderdil di kawasan Sawangan, Depok, sebut saja Roni, ia mengatakan kalau karakter sok tipe gas memang begitu (lebih keras).

Apa benar?

“Tidak seperti itu. Antara sokbreker gas dan oli, tingkat kekerasannya tergantung nilai force yang diterapkan masing-masing pabrikan sok itu sendiri,” bilang Alfian Kudus, punggawa bengkel Absorber Solution.

Yang satu kawasan dengan DSS (Dana Suspension Specialist) Garage di Jl. RE. Martadinata No.73, Ciputat, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Harus Tahu, Begini Cara Ngetes Sokbreker Mobil Sudah Lemah Atau Belum

Dok / OTOMOTIF
Uji coba salah satu produk sokbreker belekang tipe gas (kiri) untuk Suzuki Ertiga lama

Masih kata Alfian, kalau sok tipe gas nilai force-nya dibikin lebih tinggi dari tipe oli, sok itu memang akan cenderung lebih keras.

'Tapi kalau nilainya kecil, dia akan lebih lembut. Begitu juga sebaliknya dengan sok tipe oli. Jadi bukan karena dia pakai gas atau hanya oli,' imbuhnya.