Pakai Bahan Bakar RON Rendah Buat Irit dan RON Tinggi Buat Kencang?

Andhika Arthawijaya - Sabtu, 27 Juni 2020 | 21:30 WIB

Ilustrasi pompa pengisian bahan bakar di SPBU Pertamina (Andhika Arthawijaya - )

Otomotifnet.com – Tak sedikit pemilik kendaraan, baik mobil maupun motor, beranggapan bahwa menggunakan bahan bakar dengan RON (Research Octane Number) tinggi, akan membuat performa mesin lebih mantap.

Sementara kalau pakai BBM dengan RON rendah kayak Premium yang nilainya 88, cenderung bikin kendaraan jadi lebih irit. Apa betul?

“Bahan bakar oktan rendah membuat irit, benar, tapi irit di kantong ya, belum tentu irit (secara konsumsi, red) bahan bakar,” jelas Profesor Dr.Ing.Ir. Tri Yuswidjajanto Zaenuri, ahli konversi energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung.

“Tergantung setting mesinnya cocok atau enggak. Kalau memang setting mesinnya cocok untuk (bensin RON, red) 88, ia akan optimum di situ,” jelas Prof. Yus (sapaan akrabnya) lebih lanjut dalam webinar yang diselenggarakan oleh OTOMOTIF Group  Sabtu (21/6-2020) sore.  

Baca Juga: Cara Memilih Bensin Motor Yang Cocok, Lihat Perbandingan Kompresinya

Tribunnews/Nurudin
Ilustrasi mobil yang mengisi bensin menggunakan bensin tidak sesuai anjuran pabrikan.

Prof. Yus pun lantas mencontohkan mobil keluaran lama kayak Toyota Kijang lama yang sistem timing pengapiannya masih manual, yaitu disetel melalui delko atau distributor pengapian.

“Kalau dia (timing pengapian, red) manual begitu, ya pasti hanya berlaku pada satu jenis RON saja,”

“Bila kebetulan disetting-nya untuk RON rendah (88, red), begitu diisi yang RON 92, mesti jadi enggak enak, ngempos, apalagi yang RON 98, tambah gak enak,” terangnya lagi.

Masih kata Prof. Yus, sama halnya dengan yang RON tinggi, “Bila dibilang RON tinggi itu dibilang menjadi lebih kencang, kalau setting mesinnya memang cocok dengan BBM tersebut, ya akan begitu. Tapi kalau enggak cocok, malah enggak lari,” tukasnya.