Gaikindo Sambut Positif Wacana Pembebasan Pajak Mobil Baru, Tinggal Tunggu Kepastian

Naufal Shafly,Ignatius Ferdian - Jumat, 25 September 2020 | 21:20 WIB

(Ilustrasi) Penjualan mobil pada gelaran GIIAS 2019 (Naufal Shafly,Ignatius Ferdian - )

Otomotifnet.com - Usulan mengenai pembebasan pajak kendaraan bermotor baru oleh Kementerian Perindustrian disambut positif Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO).

Sekjen Gaikindo, Kukuh Kumara, mengatakan wacana ini adalah hal yang sangat positif bagi industri otomotif Indonesia jika segera direalisasikan.

"Ya kami senang kalau ada usulan dari relaksasi pajak. Itu kan yang diuntungkan konsumen kalau ada relaksasi," buka Kukuh saat dihubungi (24/9/2020).

"Tapi yang kami butuhkan adalah kepastian. Kalau relaksasi itu benar ada, kami butuh kepastian kapan dan berapa. Kalau memang benar, kami sih sangat senang pastinya," lanjutnya.

Menurut Kukuh, relaksasi dari pemerintah sangat dibutuhkan di tengah lesunya industri otomotif akibat Pandemi Covid-19 saat ini.

Sebab, relaksasi bukan hanya akan berdampak pada penjualan mobil baru, namun juga keseluruhan dari iklim industri otomotif dalam negeri.

"Industri otomotif kita, secara global menempati peringkat 13 secara produksi. Kalau dari sisi penjualan, kita peringkat 15 dunia. Hal ini yang perlu kita pertahankan," ucapnya.

"Kenapa? Karena kalau kemudian penjualannya jalan, maka industrinya akan jalan," sambungnya.

Baca Juga: Baleno Sampai Vios Anyar Jadi Rp 100 Jutaan, Sedan Murah Andai Pajak 0 Persen Terealisasi