Corolla Cross Hybrid Dan Nissan Kicks Adu Irit, Sama-sama Mobil Listrik Hybrid, Menang Mana?

Trybowo Laksono,Ignatius Ferdian - Sabtu, 24 Oktober 2020 | 14:15 WIB

Nissan Kicks e-POWER VS Toyota Corolla Cross Hybrid (Trybowo Laksono,Ignatius Ferdian - )

Otomotifnet.com - Toyota Corolla Cross Hybrid dan Nissan Kicks e-POWER dengan teknologi hybrid-nya menggebrak pasar otomotif Tanah Air saat hadir pertama kali.

Sebabnya karena dua mobil membawa teknologi canggih hybrid yang mengusung 2 sumber tenaga yakni motor listrik dan mesin bakar.

Namun nyatanya sistem hybrid keduanya berbeda.

Corolla Cross Hybrid memakai skema paralel hybrid yang mesin bakar dan motor listriknya bisa bekerja sendiri-sendiri atau simultan, untuk melajukan mobil.

Baca Juga: Nissan Kicks e-POWER Pakai Mesin Bakar Buat Ngisi Baterai, Konsumsi BBM Seberapa Irit?

Sedangkan Nissan Kicks e-POWER memakai serial hybrid, dimana mesin bakarnya hanya bertugas mengisi baterai untuk menjalankan motor listrik. Lalu motor listrik yang sepenuhnya melajukan mobil.

Meski skema hybridnya berbeda, namun keduanya punya 1 persamaan, yakni sama-sama membutuhkan bahan bakar minyak (BBM) untuk bekerja.

Pertanyaannya, mobil hybrid yang sudah identik dengan irit bbm, siapa di antara Corolla Cross Hybrid dan Nissan Kicks e-POWER yang lebih irit?

Di rute Dalam Kota dengan average speed 22 km/jam, Kicks mencetak 21,1 km/l sedangkan Corolla Cross Hybrid lebih irit di angka 25,9 km/l.

Baca Juga: Nissan Kicks e-POWER Tes Akselerasi, Melaju Tanpa Mesin, Sekencang Apa?