Bedah Fitur Si Komo Jasa Marga, Penyelamat Kecelakaan Mobil Gede

Harryt MR - Minggu, 8 November 2020 | 22:00 WIB

Si Komo Jasa Marga menggunakan mesin dan sasis MAN TGS 41.480 yang telah dimodifikasi khusus untuk keperluan rescue jalan tol (Harryt MR - )

Otomotifnet.com - Sosok Komo, sangat berjasa dalam menyelamatkan dan mengevakuasi mobil gede (truk hingga bus) yang mengalami musibah kecelakaan di jalan tol.

Komo merupakan unit rescue kelas berat milik PT Jasa Marga Persero. Menggunakan mesin dan sasis MAN TGS 41.480 yang telah dimodifikasi khusus untuk keperluan rescue jalan tol.

Dijuluki Si Komo lantaran ketika keluar kandang, maka Komo justru membuka jalur agar tidak terjadi kemacetan.

Jadi anggap saja istilah Komo merupakan sindiran dari kecelakaan di jalan tol yang kerap bikin macet.

“Komo keluar jika terjadi kecelakaan yang tak bisa ditangani oleh rescue biasa. Biasanya kendaraan besar. Serta posisi kendaraan yang terlibat kecelakaan menghalangi arus lalu lintas,” papar Arsisno, Operator Komo Jasa Marga.

Baca Juga: Benarkah Mesin Truk Diesel Common Rail Bikin Ribet? Ini 10 Faktanya

Sebagai informasi Jasa Marga punya dua unit Komo.

“Dimensi Komo, memiliki panjang 11,9 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 3 meter,” bebernya lagi.

Nah dari dua unit tersebut, di video Youtube Mobil Gede episode ini merupakan varian terbaru, yang bermarkas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Sedangkan satu unit lagi, standby di ruas tol Jagorawi.

Menariknya lagi, Komo punya berbagai macam perbekalan yang digendongnya. Semua peralatan punya fungsi masing-masing. Bahkan tak jarang evakuasi yang tak lazim, mampu ditangani Si Komo.

Nah apa saja peralatan dan fitur-fitur si Komo? Yuks tonton videonya sampai habis. Jangan lupa subscribe, like, comment & share yah sobat.