Hyundai KONA Electric Versi Indonesia Pakai Baterai 39,2 kWh, Tapi Versi Luar Kok 64 kWh?

Irsyaad Wijaya,Harun Rasyid - Senin, 16 November 2020 | 11:50 WIB

Hyundai Kona Electric (Irsyaad Wijaya,Harun Rasyid - )

Otomotifnet.com - Hyundai KONA Electric versi Indonesia hadir dalam satu varian, yakni dengan baterai berkapasitas 39,2 kWH saja.

Padahal Hyundai KONA Electric versi luar negeri, seperti di Inggris, Jerman dan Belanda dijual dengan varian kapasitas baterai yang lebih besar yaitu 64 kWh.

Makmur, Managing Director PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) mengatakan, ada berbagai pertimbangan soal tidak diadakannya Hyundai KONA Electric dengan baterai 64 kWh di pasar Indonesia.

"Terkait adanya baterai KONA Electric yang 64 kWh di luar negeri, sebenarnya sebelum memasarkan produk kami sudah melakukan survei dan analisa pasar terlebih dahulu untuk melihat kebutuhan konsumen kami yang paling sesuai," buka Makmur saat konversi pers virtual, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Hyundai IONIQ dan KONA Electric Adu Performa, Motor Listrik Serupa Tapi Hasil Beda

Hyundai Motors Indonesia
Lubang Port Charger Hyundai Kona Electric

Ia mengungkapkan, hasil survei yang dilakukan pihaknya belum menunjukan adanya kebutuhan baterai KONA Electric berkapasitas ekstra besar.

"Jadi kami juga melihat kebiasaan orang Indonesia dalam melakukan perjalanan, hasilnya dalam kondisi sehari-hari pengemudi biasanya menempuh 50 sampai 100 kilometer," jelas Makmur.

"Angkanya bisa mengecil karena kondisi pandemi Covid-19," ungkap Makmur.

Ia menyebut, Hyundai KONA Electric dengan baterai 64 kWh seperti di luar negeri mempunyai kelemahan lain yang harus diketahui calon pemiliknya.