Injector Punya Banyak Macam Debit, Ini Tips Cara Memilihnya

Fariz Ibrahim - Minggu, 22 November 2020 | 21:30 WIB

Tiap injector punya spesifikasi debit semprotan, tetap ada batas maksimum dan minimumnya (Fariz Ibrahim - )

Otomotifnet.com - Ketika melakukan ubahan mesin secara ekstrem seperti bore up dan stroke up, akan menuntut perubahan kebutuhan jumlah bahan bakar dan udara. Nah pada mesin berteknologi injeksi, yang sangat berperan tentu injector.

Ketika terjadi perubahan kebutuhan jumlah bahan bakar akibat peningkatan kapasitas mesin, terkadang injector perlu diganti.

Tapi bagaimana cara memilih injector yang tepat? Pasalnya banyak sekali tipe dan jenis injector di pasaran.

“Istilahnya kalau di karburator ada pilot jet dan main jet, tapi rangenya sempit. Sedangkan injector rangenya lebih luas, tapi namanya range tetap ada batasan, ada angka minimum dan maksimum,” buka Thomas William, dari Reisen Motoshop.

Baca Juga: Injector aRacer Ada 3 Tipe, Mana yang Cocok Dibeli? Ternyata Berdasarkan Ini

Dok. Otomotif
Injector dengan hole banyak bikin partikel bensin lebih halus masuk ke ruang bakar

“Misal injector 150 cc/menit, maksimum menyemprot 150 cc/menit. Saat bekerja ada nilai minimum, sekali membuka menutup valvenya minimal 2 milidetik. Sedangkan waktu maksimum kalau uji lab 11 milidetik,” lanjutnya.

Kalau katup pada injector buka tutupnya sudah lebih dari 11 milidetik, dapat dipastikan injector kurang deras! “Kalau sampai 12 milidetik berarti katup injector gak pernah tertutup, berarti valve injector membuka terus-terusan, ini saatnya menaikkan injector,” imbuh Ecu, sapaan akrabnya.

Istilahnya duty cycle mencapai 100%, yang artinya injector tak punya waktu istirahat atau tak sempat menutup, tapi sudah harus kembali menyemprotkan bahan kabar.

“Karena duty cycle atau kemampuan maksimum gak bisa menyuplai kebutuhan dari engine, istilahnya kalau sudah 12 milidetik masih kekeringan, berarti spek injector perlu dinaikin,” rinci pria ramah ini.

Baca Juga: Injector Baru aRacer buat Mesin Bore Up, Ada 3 Tipe, Rp 500 Ribuan Aja