Vespa Matik Seken Oleng Dan Mesin Getar, Bagian Ini Bisa Jadi Sumber Penyakitnya

Muhammad Farhan,Ignatius Ferdian - Jumat, 27 November 2020 | 20:15 WIB

Ilustrasi Vespa matik (Muhammad Farhan,Ignatius Ferdian - )

Otomotifnet.com - Buat yang baru boyong Vespa matik seken dan merasakan getar saat mesin hidup dan oleng saat dikendarai, bisa cek bagian ini.

Gejala tersebut memang umum ditemukan pada motor Vespa matik bekas yang sudah berumur.

Tapi tak perlu bingung, sebab gejala getar dan oleng ini disebabkan karena ausnya karet bushing penghubung mesin dengan rangka motor.

“Kalau engine mounting atau silent block sudah lemah, akibatnya motor jadi mengalami getaran berlebih dan oleng terutama saat dipakai bermanuver,” jelas Abdul, kepala mekanik Scooter VIP, Bekasi, Jawa Barat.

Baca Juga: Vespa Modern Bisa Makin Ngacir dengan Remapping ECU, Segini Biayanya

Isal/GridOto.com
Silent block yang terbuat karet bisa saja rusak, penyebab bisa dari bobot mesin dan sasis Vespa matic

Selain karena motor yang sudah berumur, silent block Vespa matik juga berisiko cepat aus kalau motor sering dipakai melewati jalanan rusak.

Terletak di sebelah kiri bawah dekat karter oli mesin, kondisi silent block Vespa matik bisa dicek dengan membuka tutupnya pakai kunci L.

Jika sudah aus, terlihat fisik karetnya yang mengalami retak, terkikis atau bahkan habis hingga hanya tersisa batang besi saja.

“Solusinya tentu dengan ganti silent block baru, alternatifnya kalau mau lebih awet bisa pakai silent block aftermarket keluaran Malossi,” ujarnya.

Baca Juga: ECU Vespa Bisa Diremap, Performa Mesin Makin Optimal, Begini Caranya