Kawasaki Z250 Bikin Nangis Pemilik, Perbaikan Habis Rp 15 Juta, Terutama Sering Buat Ugal-ugalan

Irsyaad Wijaya,Muhammad Rizqi Pradana - Jumat, 1 Januari 2021 | 15:55 WIB

Rubrik Seken Keren di GridOto.com kali ini akan membahas Kawasaki Z250, sport naked 250 cc 2 silinder yang harga sekennya mepet motor sporr 150 cc. (Irsyaad Wijaya,Muhammad Rizqi Pradana - )

Otomotifnet.com - Waspada bagi pemilik Kawasaki Z250 yang doyan berkendara ugal-ugalan.

Ermawan, pemilik bengkel spesialis moge Kawasaki, KLR Racing mewanti-wanti kelemahan mesin dari Z250 yang sering diajak ngebut.

Bahkan Dirinya membeberkan biaya perbaikan yang bikin pemilik nangis karena bisa habis Rp 15 jutaan jika komponen mesin berikut ini rusak.

"Rantai keteng-nya gampang kendor karena hanya tiga lapis, sedangkan motor-motor sekelasnya kayak CBR250 itu rantai keteng-nya empat lapis," beber pria yang akrab disapa Bidoy ini, (26/12/20).

Baca Juga: Kawasaki Z250 Dirawat ke Bengkel Spesialis, Jajan Sparepart Mulai Rp 70 Ribuan Aja

Akibatnya rantai keteng alias timing chain milik mesin Kawasaki Z250 akan cepat mengeluarkan bunyi kasar, terutama kalau si pengendara doyan ugal-ugalan.

"Di atas 15 ribu km pasti sudah bunyi, sedangkan kalau bawanya halus mungkin setelah 25-30 ribu km baru bunyi," ucap Bidoy.

Jika terlalu lama dibiarkan, Bidoy mengatakan rantai keteng bisa semakin kendor dan membuat titik mati atas (Top Dead Center) mesin tersebut bergeser.

"Kalau TDC sampai geser, masalahnya akan makin panjang karena klep berisiko mentok ke seher," ungkap pria yang buka bengkel di Jl Kalisari II No.29, Pasar Rebo, Jakarta Timur itu.