Mobil Rakitan Daihatsu Indonesia Siap Euro 6, Ekspor ke-75 Negara

Harryt MR - Sabtu, 20 Februari 2021 | 23:30 WIB

Produksi LCGC (Low Cost Green Car) PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tembus 1,1 Juta unit (Harryt MR - )

Otomotifnet.com - Tren global terkait kendaraan yang ramah lingkungan, serta diikuti kebijakan wajib uji emisi gas buang di Jakarta, tentu patut diapresiasi. Hal ini juga menjadi concern PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Oleh karenanya mobil rakitan Daihatsu Indonesia sudah siap memenuhi standar emisi gas buang hingga Euro 6. Keseriusan Daihatsu dalam mengembangkan kendaraan ramah lingkungan diimplementasikan melalui 2 cara.

Pertama, dengan menyediakan fasilitas uji emisi yang terdapat di fasilitas pabrik ADM, yang telah bersertifikasi internasional. Hal ini disampaikan Soni Satriya, selaku Executive Coordinator Engineering Division R&D (Research & Development) ADM.

“Fasilitas uji emisi ADM menjadi satu-satunya yang terlengkap, dan pertama di Indonesia sampai dengan EURO 6, sehingga Daihatsu menjamin semua modelnya telah lulus tes uji emisi dan ramah lingkungan,” papar Soni, melalui diskusi virtual (19/2/2021).

Baca Juga: Daihatsu Catatkan Sejarah Produksi LCGC 1,1 Juta Unit Selama 8 Tahun

Hal ini dibuktikan melalui produk ADM yang telah dieskpor sampai ke 75 negara di dunia. Mulai dari Asia, Timur Tengah, Afrika, hingga Amerika Latin, dimana tiap negara memiliki regulasi standar emisi yang berbeda.

Kedua, menerapkan Green Technology secara global pada produk Daihatsu, seperti Super Intelligent Catalyst yang mampu melakukan self regeneration, sehingga bebas perawatan.

“Penerapan platform baru berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architechture), sehingga kendaraan Daihatsu memiliki bobot yang lebih ringan, tangguh, dan hemat bahan bakar,”

“Serta penggunaan material yang tepat agar lebih ramah lingkungan sesuai dengan regulasi negara tujuan,” imbuh Soni.