Kasus Water Pump All New Honda PCX 160 Bocor, Apa Sih Penyebabnya?

Antonius Yuliyanto - Jumat, 18 Juni 2021 | 21:00 WIB

All New Honda PCX 160 mengalami problem bocor air radiator dari pompa (Antonius Yuliyanto - )

Otomotifnet.com - Beberapa pekan lalu di grup Facebook pengguna All New Honda PCX 160 bermunculan keluhan mengenai bocornya air radiator (coolant) dari pompa (water pump).

Apa yang sebenarnya terjadi dan harus bagaimana jika mengalaminya?

“Memang ada temuan, tapi gak banyak dan sudah diatasi. Konsumen juga tak perlu khawatir kalau mengalami, bawa saja ke bengkel resmi terdekat untuk ditangani oleh mekanik yang sudah terlatih,” jawab Ahmad Muhibbuddin, General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM) saat dikonfirmasi.

Dari info dan foto yang beredar, memang tampak jelas adanya tetesan air radiator berwarna hijau (coolant) yang keluar dari area water pump PCX 160, yang letaknya di cylinder head sisi kanan (dilihat dari depan) satu poros dengan camshaft.

Aant/otomotifnet.com
Water pump Honda PCX 160 terletak di sisi kanan kepala silinder

Baca Juga: Mau Bikin PCX, NMAX atau Aerox Beroda Tiga? Siapkan Biaya Segini

Menurut Endro Sutarno, Technical Service Division AHM, kemungkinan penyebab bocornya air radiator tersebut dari o-ring yang ada di tiap bagian sambungan.

“Pompa radiator ada 2 bagian dan ada o-ring, dari pompa ke camshaft juga ada o-ring, saluran radiator ke silinder juga ada o-ring,” terangnya.

Nah, di salah satu bagian yang ada o-ring tersebut yang bisa jadi sumber kebocoran.

“O-ring bisa jadi penyebab bocor antara lain jika o-ring kotor, o-ring melejit atau mungkin ada cacat,” lanjut pria ramah ini.

FB Ornando P Sungkono
Jika terjadi kebocoran, maka ditemukan coolant berwarna hijau di water pump Honda PCX 160