Kompresi Mesin Tinggi, Apakah Aman Honda PCX 160 Telan Pertalite, Ini Penjelasannya

Muhammad Farhan,Ignatius Ferdian - Selasa, 20 Juli 2021 | 15:00 WIB

Honda PCX 160 (Muhammad Farhan,Ignatius Ferdian - )

Otomotifnet.com - Punya kompresi mesin 12:1 yang lumayan tinggi , aman atau tidak Honda PCX 160 telan bensin oktan 90 seperti Pertalite?

Memang rasio kompresi mesin PCX 160 jauh melonjak kalau dibandingkan dengan kompresi mesin PCX 150 lawas yang hanya 10,6:1.

Perubahan ini terjadi karena PCX 160 pakai piston lebih lebar dengan kubah piston yang lebih tinggi sehingga kompresi mesin pun ikut naik.

Dengan kompresi yang terbilang tinggi tersebut, ternyata PCX 160 masih aman pakai bensin oktan 90 menurut pabrikan.

“Rekomendasi bahan bakar yang bisa digunakan adalah RON 90 atau lebih tinggi, sesuai dengan informasi yang juga tercantum pada buku pedoman pemilik,” ujar Ade Muhajir, Technical Service Division PT. AHM.

Sehingga pengguna enggak perlu khawatir, sebab dipastikan tidak akan ada efek samping atau kerusakan jangka panjang jika pakai bensin RON 90 seperti pertalite karena motor sudah dilakukan pengujian sebelumnya.

Hal ini didasari dengan kondisi bahan bakar yang beragam dan sulitnya mendapatkan bahan bakar oktan tinggi di beberapa daerah membuat produsen motor harus menyesuaikan.

Baca Juga: Segini Biaya Servis All New Honda PCX 160 Selama Tiga Tahun, Mirip PCX 150

Honda
Mesin Honda PCX 160

Salah satunya membuat motornya tetap aman dan awet digunakan dengan bensin beroktan rendah meskipun pakai rasio kompresi mesin tinggi.