Sigra, Terios Sampai Rocky Apa Kabar, Nih Harga Sirion Naik Rp 6 Juta Efek Pajak Emisi

Ferdian,Wisnu Andebar - Senin, 25 Oktober 2021 | 18:15 WIB

Daihatsu Sirion (Ferdian,Wisnu Andebar - )

Otomotifnet.com - Daihatsu Sirion terpantau mengalami penyesuaian harga usai diterapkannya Peraturan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) berdasar tingkat emisi mulai Sabtu (16/10/2021).

Seperti diketahui, hal ini tertuang dalam PP nomor 74 tahun 2021 yang mengatur perhitungan pajak kendaraan bermotor menggunakan skema karbon atau emisi gas buang.

Artinya, semakin kecil emisi gas buang dari suatu kendaraan, maka akan semakin kecil juga pajak yang dikenakan untuk kendaraan tersebut.

Selain itu, sebagai dampak pajak berdasarkan tingkat emisi, harga mobil baru yang dikenakan PPnBM juga bakal mengalami penyesuaian.

"Terkait dengan ketentuan pajak yang baru tersebut, untuk produk Daihatsu yang telah melakukan penyesuaian harga adalah Sirion," kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) (25/10/2021).

"Kenaikan tarifnya (PPnBM) dari 10 persen menjadi 15 persen, sehingga mengalami kenaikan harga On The Road (OTR) mulai Rp 6 juta sampai Rp 6,6 juta," sambungnya.

Adapun model-model Low Cost Green Car (LCGC) Daihatsu seperti Ayla dan Sigra disebutkan belum ada perubahan harga.

Baca Juga: Daihatsu Sirion Seken Pajak Hidup Siap Gas, Sudah di Kisaran Rp 50 Jutaan

"Untuk model LCGC kami masih menunggu peraturan turunannya dari pemerintah," imbuh Hendra.

Begitu juga dengan harga model lainnya seperti Xenia, Rocky, Luxio, Terios, dan Gran Max belum mengalami revisi.