Waduh, Gudang Oli Palsu Digerebek Polisi, 10.128 Botol Kemasan Yamalube dan AHM Disita

Ferdian - Sabtu, 11 Desember 2021 | 17:00 WIB

Polisi gerebek gudang pentimpanan oli palsu di Kalimantan Selatan (Ferdian - )

Otomotifnet.com - Sebuah toko yang diduga menyimpan dan menjual oli palsu di Kalimantan Selatan digerebek polisi.

Diketahui toko ini terletak di Jalan Kelayan A, Kelurahan Kelayan Dalam, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalsel.

Dalam penindakan yang dilakukan oleh Jajaran Subdit 1 Indagsi Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kalsel ini, didapati puluhan tumpukan kardus berisi ribuan botol diduga oli palsu.

Kardus-kardus tersebut ditumpuk di ruangan bagian dalam dan belakang toko sebagai tempat penyimpanan.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kalsel, Kombes Pol Suhasto melalui Kasubdit 1 Indagsi, AKBP Ridwan Raja Dewa mengatakan, penindakan dilakukan pada Rabu (8/12/2021).

"Kami mendapat laporan, ditindaklanjuti dengan penyelidikan dan dilakukan penggeledahan," kata AKBP Ridwan (10/12/2021).

Laporan yang diterima yaitu terkait dugaan tindak pidana dengan tanpa hak menggunakan merek yang mempunyai persamaan pada keseluruhannya dan/atau pokoknya dengan merek terdaftar milik pihak lain untuk barang dan/atau jasa sejenisnya.

Baca Juga: Konsultasi OTOMOTIF : Penyebab Oli Mesin Mengental Kayak Lumpur Hitam

Dari hasil penggeledahan di toko tersebut, sebanyak 10.128 botol oli dengan kemasan Yamalube dan AHM yang diduga dipalsukan ditemukan dan disita Polisi.

Tak cuma menyita ribuan botol oli diduga palsu sebagai barang bukti, Polisi juga mengamankan pemilik toko berinisial IK (46) sebagai tersangka.

Barang bukti beserta tersangka yang diduga melakukan tindak pidana seperti dimaksud dalam Pasal 100 dan pasal 102 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis kini telah diamankan di Kantor Ditreskrimsus Polda Kalsel untuk penyidikan lebih lanjut.

Tak berhenti di situ, dari pengakuan tersangka kepada Polisi, ribuan botol oli itu didapat dari distributor yang berlokasi di Tangerang, Provinsi Banten.

Tak menunggu lama, petugas yang dipimpin Kasubdit 1 Indagsi, AKBP Ridwan melakukan pengembangan dan langsung bertolak ke Tangerang, Provinsi Banten.