Industri Otomotif Indonesia Lagi Nikmat, Toyota Ungkap Faktanya

Harryt MR - Kamis, 1 Desember 2022 | 20:00 WIB

Toyota Indonesia kembali gelar seminar nasional, tahap keempat di ITB dengan mengusung tema “Strategi Transisi Pengembangan xEV Menuju NZE dan Manajemen Unit in Operation (UIO) di Indonesia (Harryt MR - )

Otomotifnet.com - Toyota Indonesia kembali menghajat seminar nasional tahap ke empat (01/12/2022), yang kali ini berlokasi di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Mengusung tema Strategi Transisi Pengembangan xEV Menuju NZE dan Manajemen Unit in Operation (UIO) di Indonesia.

Terungkap sejumlah fakta.

Salah satunya, saat ini Indonesia tengah menikmati posisinya di bidang industri otomotif, yakni sebagai produsen dan eksportir produk otomotif unggulan di wilayah Asia Pasifik.

Industri otomotif nasional juga memegang peran strategis, sebagai bagian dari rantai pasok, dengan jangkauan wilayah ekspor yang telah merambah hingga 80 negara di berbagai kawasan dunia.

Di tengah upaya eskalasi kontribusi sebagai basis produksi dan ekspor global, Indonesia kini menyongsong era elektrifikasi industri otomotif nasional.

Kondisi ini menjadi tantangan tersendiri untuk membuktikan apakah produk otomotif berteknologi tinggi buatan SDM dalam negeri, dapat berkompetisi mempertahankan performa positif dan keluar sebagai pemenang.

Sejalan dengan era elektrifikasi yang menjadi suatu keniscayaan bagi industri otomotif nasional.

Menjadi salah satu upaya nyata untuk mengatasi kekhawatiran masyarakat global, yakni potensi terjadinya perubahan iklim sebagai dampak dari peningkatan emisi karbon (CO2).

Namun, peralihan menuju era elektrifikasi perlu dilakukan dengan bijaksana dan tertata.