Dikejar Waktu, Sudah Ada 5 Ruas Tol yang Selesai Dipercantik Pengelola

Ferdian - Senin, 16 Januari 2023 | 18:50 WIB

Ilustrasi Tol Cileunyi (Ferdian - )

Otomotifnet.com - Sudah ada lima jalan tol yang sudah beres dipercantik masing-masing pengelola.

Lima Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) adalah PT Jasa Marga (Persero) Tbk untuk ruas Tol Cawang-Tomang-Pluit, PT Hutama Karya (Persero) di ruas Tol Akses Tanjung Priok (ATP), dan Tol PT Marga Mandalasakti untuk Tol Tangerang-Merak.

Lalu ada PT Citra Karya Jabar Tol untuk ruas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan Seksi 1 (Cileunyi-Pamulihan), serta PT Jasamarga Bali Tol untuk ruas Tol Nusa Dua-Ngurai Rai-Benoa.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pun mengapresiasi BUJT yang sudah menyelesaikan program beautifikasi dan landscaping di ruas tol.

Ia meminta agar BUJT yang masih dalam pelaksanaan beautifikasi dan landscaping dengan progres di atas 50 persen untuk segera menyelesaikannya.

“Program ini harus sudah selesai 100 persen pada akhir Maret 2023,” tegas Basuki dikutip dari siaran pers yang diterima (15/1/2023).

Kegiatan peningkatan kualitas dan estetika jalan tol dengan beautifikasi dan landscaping meliputi marka (pengecatan marka pudar, pengecatan marka setelah Scrapping Filling Overlay, dan pemasangan marka rumble strip).

Kemudian, guardrail (pemasangan guardrail baru, pemeliharaan dan reposisi guardrail, pembersihan, pengecatan ulang, pemasangan end guardrail section, dan pembersihan windshield dan soundbarrier).

Selanjutnya, jembatan/Jembatan Penyeberangan Orang (JPO)/overpass (pengecatan, pembersihan, perbaikan pipa drainase, perbaikan railing, pengecatan railing, pengecatan chainlink fence, pengecatan bagian simpang susun, pengecatan struktur box tunnel, dan pengecatan underpass).

Lalu, Median Concrete Barrier (MCB) dan parapet (pengadaan MCB baru, pembersihan MCB dan parapet, pengecatan, perbaikan, dan pengecatan bullnose dan kanstin gerbang tol).

Sementara itu juga dilakukan penghijauan dan landscaping (penanaman pohon, perawatan taman, pemotongan rumput serta beautifikasi landscaping di interchange, gerbang tol, kantor gerbang, dan di sepanjang jalur tol).

Baca Juga: Tol Grogol-Kebon Jeruk Mirip Komplek Perumahan, Bakal Dipasangi Portal Buat Ini

Sumber: https://www.kompas.com/properti/read/2023/01/16/060000821/5-jalan-tol-ini-kelar-dipercantik-pengelola-apa-saja-