Yamaha MT-07 Buatan Pulogadung, Karena 2 Hal Ini Gak Sekalian Dijual di Indonesia

Antonius Yuliyanto - Jumat, 6 Oktober 2023 | 21:45 WIB

Yamaha MT-07 buatan Pulogadung yang diekspor ke Eropa (Antonius Yuliyanto - )

Otomotifnet.com – Sejak 18 September 2023, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi mengekspor secara utuh (CBU) motor gede Yamaha MT-07 ke beberapa negara di Eropa.

Produksinya terbagi di 2 pabrik YIMM, yaitu untuk pembuatan mesin dilakukan di pabrik Karawang, Jabar, sementara perakitan sampai jadi utuh di pabrik YIMM di Pulogadung, Jaktim.

Disebutkan oleh Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing - Public Relation YIMM, ekspornya di September yaitu ke 5 negara.

“Ke Jerman, Swiss, Perancis, Italia dan Spanyol,” terangnya di sela-sela kunjungan pabrik YIMM West Java yang ada di Karawang, Jawa Barat (5/10/2023).

Pertanyaannya mengapa MT-07 tidak sekalian dijual untuk pasar Indonesia meski sudah diproduksi lokal? Padahal 2020 silam pernah menjualnya di sini.

Ternyata ada 2 alasan, seperti disampaikan oleh Dyonisius Beti, President Director & CEO YIMM.

Menurutnya, alasan pertama karena MT-07 terbaru ini memang belum dilakukan homologasi sesuai peraturan di Indonesia.

Salah satu yang jelas terlihat, seperti unit MT-07 yang dipamerkan di Yamaha Global Traning Center, belum ada dudukan pelat nomor depan, yang merupakan salah satu syarat kelengkapan motor untuk pasar Indonesia.

Aant/otomotifnet.com
Dyonisius Beti, President Director & CEO YIMM menerangkan tentang MT-07 yang diproduksi di Indonesia dan diekspor ke Eropa