Merek China Zeekr Gak Main-Main, Siap Tantang Lexus di Segmen Ini

Harryt MR - Kamis, 6 Juni 2024 | 09:19 WIB

Segmen yang dibidik Zeekr adalah pangsa pasar mobil listrik premium dan high end. Artinya, Zeekr siap tantang Lexus (Harryt MR - )

Otomotifnet.com - Zeekr resmi masuk Indonesia, yang diageni oleh PT Premium Auto Prima (PAP). Zeekr diketahui merupakan merek asal China, yang berafiliasi dengan Geely Holding Group. 

Segmen yang dibidik Zeekr adalah pangsa pasar mobil listrik premium dan high end. Artinya, Zeekr siap tantang Lexus yang sudah lebih dahulu mengaspal di tanah air.

Sebagai pembuka pasar, Zeekr bakal memboyong dua mobil listriknya untuk pasar Indonesia. Yakni Zeekr 009 yang merupakan sebuah MPV (Multi Purpose Vehicle) bertenaga listrik.

Kemudian bakal dirilis juga Zeekr X, yang merupakan SUV (Sport Utility Vehicle) bertenaga listrik. Keduanya, bakal mulai mengaspal di kuartal 4 tahun ini.

Adapun untuk Zeekr 001, Zeekr 001 FR, dan Zeekr 009 masih disimpan alias belum akan masuk Indonesia, namun telah dipasarkan di pasar global.

Menariknya, Zeekr punya design center di Swedia. Dirancang oleh desainer otomotif, Stefan Sielaff yang berpengalaman 30 tahun, dan didapuk jadi Global Chief Designer sejak 2021.

Lalu apa hubungannya dengan Swedia? Bukankah asalnya dari China. Jawabannya, lantaran berafiliasi dengan Geely Holding Group yang juga membawahi Volvo asal Swedia sebagai sub brand-nya.

Baca Juga: Karena Ini, Investor Kendaraan Listrik Ngiler Lihat Potensi Indonesia

Selain itu, berafiliasi juga dengan merek-merek seperti Lynk & Co, Geometry, Polestar, Lotus, London Electric Vehicle Company, Farizon Auto, Radar Auto, dan Cao Cao Mobility.

“Target kita masuk di segmen yang relatif baru, bukan hanya premium dan high end. Tapi stylish, safety dan smart intelligent. Kita edukasi ke pasar,”