Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Akan Membuat Banyak Model Baru Dengan Mesin NMAX 150!

Dimas Pradopo - Jumat, 13 Februari 2015 | 14:19 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah meluncurkan NMAX 150 sebagai global produk yang akan diproduksi di Indonesia. Menariknya, mesin yang digunakannya benar-benar baru dan bertenaga.

Kabarnya mesin ini juga akan dikembangkan untuk lebih banyak sepeda motor di dunia. Hal ini disampaikan langsung oleh Takehiko Gotanda, Chief Engine Project NMAX 150 dari Yamaha Motor Corporation (YMC).

"Global engine ini akan menjadi basis di ASEAN dan kami akan banyak memperkenalkan model baru dengan mesin ini," ungkap pria asal Jepang ini.

Mesin baru Yamaha NMAX 150 ini mengusung kapasitas ruang bakar 155cc dengan liquid-cooled. Paling istimewa adalah konstruksi kepala silindernya mengusung teknologi Variable Valve Actuation atau lebih mudah disebut dengan istilah VVA.

Sesuai namanya, VVA adalah inovasi Yamaha untuk memberikan pilihan bukaan klep, tujuannya tentu untuk meningkatkan suplai bahan bakar dari putaran mesin rendah sampai tinggi. Dengan VVA, durasi juga lift noken as atau kem bisa berubah sesuai putaran mesin.

"Tujuannya untuk mendapatkan performa yang baik di semua putaran mesin. Dengan satu profil kem, biasanya akan ada yang dikorbankan. Kalau bawahnya enak atasnya kurang bertenaga, begitu juga sebaliknya. Dengan VVA yang memiliki dua profil kem, atas-bawah selalu bertenaga," yakin M Abidin, GM Sales Service & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

"Dikombinasikan dengan teknologi Blue Core, Yamaha dapat meningkatkan power hingga 20 persen dan torsi 10 persen bila dibanding dengan kompetitor," yakin Takehiko Gotanda.

Untuk tenaga, skutik ini diklaim mampu mencapai 11,1 kW (14,8 dk) pada 8.000 rpm dan torsi hingga 14,4 Nm di 6.000 rpm. (motor.otomotifnet.com)

Spesifikasi Mesin Yamaha NMAX 150
Tipe mesin : Liquid Cooled 4-stroke SOHC
Jumlah silinder : Single cylinder
Diameter x langkah : 58mm x 58,7mm
Perbandingan kompresi : 10,5 : 1
Daya maksimum : 11,1 kW (14,8 dk) / 8000 rpm
Torsi maksimum : 14,4 Nm / 6000 rpm
Sistem starter : Elektrik
Sistem pelumasan : Basah
Kapasitas oli mesin : 1 liter, berkala 0,9 liter
sistem bahan bakar : Fuel injection
Tipe kopling : Kering, Centrifugal automatic
Tipe transmisi : V-Belt automatic


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa