Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Scorpio Z 2005, Chopper Hot Rod

billy - Kamis, 16 Mei 2013 | 15:08 WIB
Yamaha Scorpio Z 2005 (Jakarta), Chopper Hot Rod
DOK. MOTORPLUS
Yamaha Scorpio Z 2005 (Jakarta), Chopper Hot Rod

Yamaha Scorpio Z 2005 (Jakarta), Chopper Hot Rod
DOK. MOTORPLUS
Yamaha Scorpio Z 2005 (Jakarta), Chopper Hot Rod

Kematangan konsep, tentunya akan menghasilkan karya cipta yang diinginkan. Meski, sebelumnya hanya goretan tinta di atas kertas putih.


Seperti konsep yang dirembukkan Elvin Ardiansyah selaku owner Yamaha Scorpio Z. Rembuknya, bareng Joegi Herdiawan, sang modifikator yang biasa stay di Jl. Dermaga Raya No. 3, Duren Sawit, Jakarta Timur. Keduanya, punya konsep mengubah tampilan total dari street fighter ke chopper hot rod dan menghilangkan kesan awal.

“Memang saya kepingin konsep dibikin secara matang. Itu agar hasilnya enggak lari dari apa yang kita mau,” bilang El, panggilan akrab Elvin Ardiansyah. Berkat konsep matang, kolaborasi detailing dan estetika menghasilkan sesosok tunggangan yang oke punya. Kalau kata pesulap kondang bilang sih, saatnya bilang ‘sempurna’.

Itu terlihat mulai dari kontruksi rangka backbone dan downtube. Dimensi frame rigid dan desain engine mounting mesin 225 cc nampak proprsional.

 
Sasis kita bikin dari awal dan hanya menyisakan rumah segitiganya. Sasis terbuat dari pipa seamless, Buat backbone pakai diameter 1,5 inci dan downtube ¾ inci,” jelas Joe Begundal nama tenar modifikator dari rumah modifikasi Graha Motor Works (GMW).
Yamaha Scorpio Z 2005 (Jakarta), Chopper Hot Rod
DOK. MOTORPLUS
Yamaha Scorpio Z 2005 (Jakarta), Chopper Hot Rod
Penyimpan bahan bakar, dipilih model peanut. Nampak, simpel nyantel di backbone. “Kalau kata saya mah, ini tangki model endok (red : telor) dianosaurus,” canda Joe dengan logat Sunda-nya.

Beralih ngomongin bagian depan. Agar terlihat lebih centang, rake sok sedikit dibikin selonjoran. Dari standar, rake dibikin beda sekitar 3,5 derajat. Dikomandoi aplikasi sok Yamaha Byson, agar terlihat lebih kekar.

Perkuat konsep kaki-kaki, dipilih kaki-kaki extra lebar. Pelek depan pakai 3,00 x 16” dan belakang 5,00 x 16”. Ini kepunyaan mobil yang sebelumnya dicustom, lalu dilebur warna merah.

 
Aplikasi pelek ini, diimbangi penggunaan ban yang juga gambot. Depan 130/90-16 dan belakang 150/80-16. Buat finishing, dipilih warna hitam doff dan kombinasi pin striping hasil ukiran DJ Airbrush.

Kelar modif kalajengking chopper hotrod, El ngajak tunggangan yang diberi nama EL-Ammots ini warming up ke daerah Puncak, Bogor barang komunitasnya.

 
"Hasilnya enggak mengecewakan, pokoknya puas dengan konsep dan aspek keseluruhan dari EL-Ammots," puas El.

DATA MODIFIKASI

Lampu: Harley-Davidson
Jok: Handmade Leather
Stoplamp: Piston Custom
Cakram: PSM 320 mm
GMW: 0812-9899-8686

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa