Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Pilih Boks Motor, Sesuaikan Dengan Ukuran Kendaraan

Dimas Pradopo - Kamis, 24 Juli 2014 | 15:10 WIB
No caption
No credit
No caption



No caption
No credit
No caption
 
Masih banyak yang tidak mengerti. Salah ukuran bisa tidak nyaman dan membahayakan.

Jakarta - Menggunakan boks pada sepeda motor sangat membantu sekali bagi mereka yang sering membawa barang bawaan untuk ke tempat kerja hingga pergi berbelanja atau mudik lebaran. Selain untuk menaruh barang bawaan, peranti tambahan pada sepeda motor ini juga dapat melindungi barang bawaan dari hujan dan panasnya cuaca.

Tidak hanya memiliki fungsi membawa barang tetapi bisa juga membuat tampilan motor semakin keren saat berkendara. Biasanya yang beli mulai dari orang kantoran sampai ibu rumah tangga. Juga mereka yang hobi turing atau anak klub motor.

“Sayangnya banyak yang masih belum mengerti boks seperti apa yang cocok dengan motornya, salah ukuran efeknya bisa membahayakan,” jelas Arfan, Shad Center, Kelapa Dua, Kebon Jeruk.

No caption
No credit
No caption

Ukuran boks besar cocok untuk motor sport

Ukuran dari box ini sangat beragam mulai dari yang kecil hingga yang besar serta memiliki berbagai model dan jenis mulai untuk top box atau boks yang di belakang jok motor hingga sidebox atau yang biasa berada di samping kanan dan kiri motor.

“Ukuran boks perlu diperhatikan agar sesuai dengan sepeda motornya. Untuk motor bebek lebih baik menggunakan volume ukuran yang kecil hingga sedang dan untuk moge gunakan yang besar, agar tidak timpang,” saran Nopy Sero, Motoritz, Jl. Mahakam 1 No. 17, Jakarta Selatan.

No caption
No credit
No caption

Tersedia beragam ukuran dan bentuk. Dudukan di jual terpisah. Harga tergantung model


Ukuran boks yang masuk kategori kecil adalah 26 liter, ukuran sedang 35 liter dan yang besar 55 liter. Untuk tipe sedang bisa digunakan buat semua jenis motor, sedangkan tipe besar lebih cocok untuk motor sport.

“Kalau motor bebek pakai yang ukuran besar bisa aja, tetapi tampilan jadi enggak seimbang dan bikin handling kurang nyaman,” jelas pria berbadan agak gemuk ini.


Jenis boks berukuran sedang disarankan untuk motor bebek/matik

Harga dari boks ini sangat beragam dan bervariatif tergantung dari merek dan ukuran. Untuk bagasi tambahan ukuran kecil hingga sedang berkisar dari Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta dan untuk boks ukuran besar dibanderol dengan Rp 1-3 juta. Sementara untuk sidebox dijual dengan harga Rp 2–7 juta dengan ukuran 21-41 liter. “Itu belum termasuk braket atau dudukan,” tambah pria ramah ini.

Dudukan biasanya dijual terpisah. Harga tergantung model dan kualitas. Tipe besi biasa dijual Rp 150 – 200 ribu. Sedangkan model HR4 yang bagusan dijual Rp 700 ribu.

“Paling bagus model wingrack karena dilengkapi dengan boks samping. Harganya Rp 2 juta yang biasa dan Rp 2,2 juta yang dilengkapi lampu sein,” jelas Nopy lagi. (motor.otomotifnet.com) 



Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa