Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilih Cover Kipas Skubek, Pastikan Yang Safety!

billy - Minggu, 8 September 2013 | 07:30 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Part variasi buat skubek kebanyakan sudah bolt on alias tinggal pasang. Tetapi, pilah-pilih part secara safety, jangan buat sekadar ingin tampil gaya aja.

Contohnya di skubek yang ingin ubah tampilan di sektor pendingin sebelah kanan bawah alias tutup kipas. Sebelum memilih, ada baiknya tahu dulu aspek kerja kipas dan sejauh mana ketahanan di sekitar bagian itu.

Apalagi kipas yang betugas buat bantu pendinginan mesin itu bekerja seiring putaran kruk as. Maka, putarannya, mengikuti rpm mesin yang bisa sentuh di kisaran 10.000 rpm kala digeber maksimal alias gas pol.


“Pilih bahan cover kipas yang persisi atau sama dengan bahan tutup kipas orisinil. Karena kalau pakai produk yang meragukan, gampang getas dan akhirnya pecah,” ujar Agus Kurniawan, mekanik Loaxan Motor.

Karena kuatnya sedotan angin dari kipas, Menurut Agus, akan lebih membahayakan jika pecahan ini ikut membuat kipas menjadi rusak. Akibatnya, pendinginan mesin tidak sempurna.

Hal lain lagi soal harga dan merek. Sekarang berbagai merek seperti SPS, SBS, Chicken sampai produk handmade banyak bertebaran.

Tetapi, kini ada juga produk handamade alias custom yang bahannya mendekati kualitas cover orisinal. Seperti part bikinan Loaxan Motor yang workshopnya di Jl. Haji Mencong, Cileduk, Tangerang.

Selain punya banyak pilihan warna, tutup kipas buatan khusus untuk skubek Yamaha Mio milik Loaxan diklaim tahan panas. Harganya pun, tak terlampau jauh dengan produk orisinal.

“Dibanderol Rp 75 ribu. Yang penting teman-teman enggak perlu beli mahal, tetapi bisa gaya,” ucap Agus. Apalagi cara pasangnya tidak repot, lantaran part tersebut tinggal pasang dan baut di dudukan cover kipas. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa