Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kencangkan Baut Sepatbor Depan, Repot Mesti Copot Ban

billy - Kamis, 24 Januari 2013 | 13:58 WIB
No caption
No credit
No caption


Dari semua part di motor, jika ada baut copot biasanya gampang dilihat trus diamankan. Tapi, ada juga yang mendadak lepas dan bikin repot pengendaranya. Yaitu sepatbor depan copot. Coba aja buktiin!

Memang, sepatbor depan ada beberapa model pemasangan. Ada yang terikat langsung di tabung sok macam motor sport atau di bawah segitiga kayak di bebek atau skubek kebanyakan.

Tapi, yang bikin repot itu kalau sepatbor depan motor bebek atau skubek kendur dan lepas di tengah jalan. Biar cuma terikat 1 baut, tetap aja bikin deg-degan takut roda depan mengunci.

“Lebih repot karena baut pengikat ada di dalam sepatbor dan terpasang di bawah segitiga macam skubek Mio atau bebek Karisma. Mesti bisa di rogoh, tapi hasil ikatnya nggak maksimal. Paling buat sementara biar sampai bengkel terdekat,” ucap Eko Yan mekanik Yan Motor.

Cara perbaiki baut kendur di sepatbor ini memang ribet daripada yang di tabung sok. Enggak cukup menggunakan toolkit standar di motor karena memang harus copot ban depan. Tahu sendiri kunci standar tak mungkin bisa buka mur as roda. Makanya buat jaga-jaga, paling dikencangkan sementara.

Begitu sampai bengkel terdekat, buruan minta ban depan dicopot dari tabung sok sama si mekanik. Lalu perbaiki baut yang kendur atau ganti jika ada baut yang hilang.

“Dan biar kejadian ini tidak terulang kembali, jangan lupa minta kunci yang kuat. Lebih sip lagi jika baut itu dilengkapi ring per, biar enggak mudah copot,” wanti Eko di Jl. Robusta Raya, Pondok Kopi, Jakarta Timur. (motorplus-online.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa