Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki S-Cross Akhirnya Diluncurkan, Kapan ke Indonesia?

Kamis, 6 Agustus 2015 | 17:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

New Delhi - Maruti Suzuki di India resmi meluncurkan hatchback andalan terbarunya, yang disebut-sebut sebagai pengganti Suzuki SX4, yakni Suzuki S-Cross. Setelah India, apakah Suzuki INdomobil Sales juga akan memboyongnya ke Indonesia?

Maruti Suzuki menyuguhkan dua pilihan mesin diesel dan 7 varian tipe untuk Suzuki S-Cross, dengan banderol harga di India mencapai Rp 176 jutaan untuk varian tipe terendah. Kalau masuk Indonesia, atau kalaupun akan dirakit lokal di Indonesia, banderolnya kira-kira bisa mencapai Rp 200 juta sampai Rp 250 jutaan.
No caption
No credit
No caption

Varian tipe standar, Suzuki S-Cross sudah menawarkan mesin berkapasitas 1.3 liter DDiS 200. Mesin diesel ini sanggup memproduksi tenaga sebesar 89 dk dan torsinya 200 nm. Mesin 1.3 liter ini disangding dengan transmisi manual 5 percepatan. 

Klaim ARAI, sebagai lembaga pengujian bahan bakar di India, konsumsi bahan bakarnya tergolong irit. Suzuki S-Cross 1.3 diesel hanya butuh 1 liter solar untuk jarak sejauh 23,65 km.
No caption
No credit
No caption

Kalau mau lebih bertenaga, pilih mesin diesel yang satu lagi, yakni berkapasitas 1.6 liter DDiS 320. Asiknya mesin ini juga sudah disokong variable geometry turbocharger, seperti Toyota Fortuner VNT maupun Mitsubishi Strada Triton VGT. Sehingga wajar kalau tenaga yang diproduksinya bisa mencapai 120 dk dan torsinya 320 nm.

Asiknya, meski jauh lebih bertenaga, namun konsumsi bahan bakar yang diminum hanya beda tipis dengan Suzuki S-Cross bermesin 1.3 liter diesel. Klaimnya, Suzuki S-Cross 1.6 liter diesel bisa menempuh jarak sejauh 22,7 km untuk 1 liter solar. 

Suzuki S-Cross di India sudah dilengkapi dengan rem ABS untuk semua roda, dan dual airbag sebagai fitur standar. Sementara fitur lainnya meliputi Electric folding ORVMs, AC otomatis, sandaran tangan di kursi belakang, cruise control, sensor hujan pada wiper, sistem smartplay infotainment, tombol start/stop, parcel tray, projector headlamp otomatis, dan pelek berdiameter 16 inci.

Jadi berharap Suzuki Indomobil Sales merealisasikan rencananya menghadirkan penerus Suzuki SX4 ini di Tanah Air, apalagi kalau varian diesel ini juga dijual di Indonesia. Bagaimana? (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa