Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda BR-V, Mobil Keenam Dari Platform yang Sama dengan Honda Jazz

Selasa, 30 Juni 2015 | 14:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Honda Prospect Motor dalam beberapa tahun terakhir terus menggelontorkan model-model baru ke pasar mobil tanah air. Semuanya punya segmentasi yang berbeda-beda, memberikan pilihan lebih banyak pada konsumen. Hebatnya, semua dibuat dari bassis yang sama.

Berawal dari Honda Jazz, yang saat pertamakali dihadirkan mengusung platform Global Small Car Honda. Platform ini ternyata sukses karena fleksibilitasnya. Mau mobil apapun, jenis apapun, sepertinya bisa saja dibuat menggunakan platform Honda Jazz ini.

Siapa yang menyangka, Honda Jazz sebagai hatchback kompak pada saat kelahirannya, tiba-tiba bisa dibuat menjadi sedan pada sosok Honda City. Selain sassis yang sama, juga usungan kapasitas mesinnya sama, 1.5 liter. 

Belum berhenti decak kagum akan fleksibilitas platform Global Small Car Honda ini, hadir lagi model baru berjenis van dari platform yang sama. Mewujud pada sosok Honda Freed, yang juga dihadirkan dengan mesin yang sama, berkapasitas 1.5 liter. Honda Jazz pun bisa menampung 7 penumpang dengan Honda Freed.

Dari platform yang sama pula, Honda mulai menyasar kelas yang lebih rendah untuk pasar mobil di Indonesia. Karenanya, mobil dengan ukuran yang bahkan lebih kompak dari Honda Jazz pun dilahirkan, yakni Honda Brio. Bahkan, di Indonesia ada dua jenis Honda Brio. Brio Satya bermesin 1.2 liter dan Brio Sport bermesin 1.3 liter.

Sudah selesai? Belum! Metamorfosis platform Global Small Car Honda terus berlanjut. Dari Honda Brio yang serba kompak, Honda menyulap Honda Brio menjadi low MPV 7 penumpang pesaing kemapanan Avanza-Xenia, yakni Honda Mobilio.

Setelah kesuksesan Honda Mobilio, Honda meneruskan untuk terus menyasar segmen menengah kebawah yang ternyata punya potensi pasar yang menjanjikan. Karenanya, segmen crossover yang sedang menjadi tren dunia, diwujudkan di Indonesia dengan kelahiran Honda HR-V, juga dari platform yang sama.

Dan paling terbaru, gabungan dari Utilitas Honda Mobilio dengan ketangguhan Honda HR-V, melahirkan crossover yang disebut Honda sebagai generasi baru, karena selain tangguh layaknya SUV, juga bisa menampung 7 penumpang dan bakal punya harga yang terjangkau. Ya, Honda BR-V lahir sebagai model keenam dari platform yang sama yang dipakai pada Honda Jazz.

Penggunaan satu platform yang sama untuk banyak model tentu saja sangat menguntungkan Honda. Selain biaya produksi jauh lebih murah, juga proses penciptaan model baru yang tidak memakan waktu yang lama. Tinggal seberapa jauh fleksibilitas dari sebuah platform bisa beradaptasi menjadi banyak model.

Sehingga, sejauh ini di Indonesia, platform Global Small Car Honda sudah digunakan pada Honda Jazz, Honda City, Honda Freed, Honda Brio, Honda HR-V, dan Honda BR-V. Bakal ada lagi model baru dari platform yang sama Honda? (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa