Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Jazz 2005, King Of MAC 2014

Rabu, 25 Juni 2014 | 08:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Menjadi King, tak hanya bermodal ubahan ekstrem, tapi harus tetap fungsional. Karena fitrah sebuah mobil adalah untuk dikendarai.

Inilah yang terjadi pada Manado Town Square Auto Contest (MAC) 2014 (7-8/06) lalu. Kendati Honda Jazz milik Griville Gerungan tak juara di kelas ekstrem, tapi berhasil dinobatkan jadi The King.

Kelebihan utamanya adalah faktor fungsional, safety dan layak jalan. Karena faktor inilah, Jazz terbitan tahun 2005 ini juga berhasil merebut 7 tropi di kategori lainnya.

No caption
No credit
No caption

 
Sakelar pengatur lampu dibuat bergaya racing (kiri),
Monitor LCD 15 inci. Keluar masuk digerakkan oleh motor (kanan)

Contoh penghargaan Best Lowest Body Kit diberikan karena jarak terendah body kit dari tanah hanya 4,5 cm. Bukan berarti peserta kontes lain tak ada yang lebih rendah. Beberapa justru ada yang jauh lebih ceper, jaraknya hanya 0,5 cm. Tapi, setelah dicek panitia, tak sedikit yang memasang bumper dan body kit saat sudah di dalam area kontes.

Artinya, mobil dijalankan tanpa menggunakan bumper saat proses scrutineering. Nah, Honda Jazz ini menang karena dari rumah menuju lokasi kontes yang jaraknya lebih dari 15 km, body kit dan bumper tak dilepas. “Kami jalankan sesuai apa adanya,” tegas Griville. Sekali lagi, faktor fungsional menjadi poin tertinggi.

No caption
No credit
No caption

 
Instalasi boks audio dari fiber tergolong rapi

Begitupun pada kategori Best Motorized Exterior. Hatchback ini menggunakan 10 motor elektronik pada 5 panel bodinya, 4 panel pada pintu dan satu pada kap mesin yang semuanya bisa dibuka dan ditutup menggunakan remote control. Saat penjurian, pergerakan motor tanpa kendala. Mampu membuka dan menutup dengan sempurna.

Tata letak in car entertainment pun cukup rapi. Boks speaker dan subwoofer dibuat dari bahan fiberglass. “Karena lebih mudah dibentuk. Sehingga bisa mengikuti kontur kabin,” tambah pria yang masih duduk di bangku SMA ini.


 
Motor elektronik bekerja benar dan bisa dioperasikan dengan remote control

Maklum, karena hatchback, maka kabin tergolong sempit. Perlu pemikiran dan konsep yang matang untuk bisa memasukkan seluruh komponen audio. Kerapian instalasi dan harmonisasi fiber dengan tema superhero Splash membuat juri menobatkan sebagai Best Fiber Audio dan Best Custom Interior.

Sederet penghargaan tersebut makin menguatkan Jazz dari klub Limited ini menjadi King Of Mantos 2014.(mobil.otomotifnet.com)

Data Modifikasi :
Modifikator A Custom Head lamp Honda Civic Stop lamp Mitsubishi Outlander Pelek Privat ring 20 inci   Kaliper Brembo   Head unit Pioneer Speaker ADS Vocal Subwoofer ADS Power Amplifier ADS     Turntable Pioneer XDJ Aero Exhaust system AMG Jok Bride semi bucket.


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa