Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Smart ForTwo Dakar, Mengubah Takdir Citycar

Kamis, 3 Januari 2013 | 10:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Eropa – Di benak anda mungkin sosok citycar imut sekelas Smart ForTwo tak akan sanggup di ajak bertualang di alam liar. Apalagi buat mengikuti ajang reli legendaris dunia, Rally Dakar. Eits, buang jauh-jauh pikiran itu setelah melongok Smart  ForTwo yang satu ini.

Yup, oleh tim Feber mobil kecil yang bakal dikendarai oleh Jose Luis Alvarez ini dirombak total untuk mengikuti kejuaraan reli yang ganas. Bahkan nyaris tak lagi menyisakan sosok imutnya. Jose Luis Alvarez juga mengatakan, kendaraan ini terbilang sangat ringan dengan bobot 750 kg.

Terlihat dari sisi bodi Smart ForTwo yang sepenuhnya dirancang ulang dengan bahan fiber dan sasis yang diperkuat dengan tulang besi yang menunjang kestabilan dan keamanan sang driver. Sementara bagian panel lain, seperti pilar dan kaca dirombak agar sesuai dengan medan berat yang akan ditempuh.

Dan perubahan yang paling menonjol terdapat pada bagian suspensi. Dimana penambahan sektor kaki-kaki ini menambah ground clearance standar mobil dua penumpang tersebut. Alhasil, tinggi keseluruhan ForTwo Dakar mencapai 188 cm.


Selain itu, aplikasi pelek dan ban off road Maxxis, serta sistem penggerak empat roda juga menunjang kemampuannya menjelajah alam liar.

Meski tak disertai teknis rombakan pada sektor mesin, namun ForTwo versi Dakar ini mampu digeber sampai 120 km/jam. Cukup baik mengingat ajang reli bukan mengutamakan kecepatan semata, melainkan juga kelihaian driver dalam menentukan arah dan menerabas medan berat.

Sayangnya, keinginan tim Feber untuk mengikuti Rally Dakar 2013 yang dihelat pada 5-20 Januari nanti harus tertunda. Alasannya terbilang klasik namun ironis, yakni dananya yang belum cukup. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa