Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cabut Belalai Hyundai Grand Avega, Tarikan Lebih Enteng!

Otomotifnet - Jumat, 7 Agustus 2015 | 09:04 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Pemilik Hyundai Grand Avega pasti sering merasakan akselerasinya yang agak lemot alias enggak narik. Sudah banyak member dari Gravity (Grand Avega Community) yang berusaha untuk mengakali karakter mesin tersebut. Paling hot  adalah melepas ‘belalai' yang merupakan jalur udara sebelum memasuki filter udara dan throttle body.

"Belalai atau resonator assy ini mungkin maksudnya untuk air surge atau penambah volume udara saat dibutuhkan akselerasi  spontan. Tetapi kalau dilepas, jalur udara jadi lebih singkat dan lebih dingin karena tidak berada dalam ruang tertutup dalam  waktu yang lama," jelas Adiyuni, salah seorang member Gravity Yogyakarta yang pertama kali menemukan metode ini.

Efeknya tentu akselerasi yang lebih ringan atau terasa lebih plong saat gas diinjak, dengan suara yang sedikit lebih gurih  seperti memakai filter udara open air. "Namun karena trap box dari belalai tersebut dilepas, filter udara jadi lebih cepat kotor. Penggantiannya jadi lebih cepat  dibanding normalnya," lanjut pria ramah tersebut.

Nah ternyata langkah-langkah melepas belalai ini tidak sulit kok, bisa dilakukan sendiri di rumah asal rela tangan sedikit  kotor. Yuk, cermati langkah-langkahnya: • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption


Posisi belalai ini sedikit ngumpet, ada di antara bumper depan dengan boks filter udara. Bila membuka kap mesin saja, hanya terlihat ujung dari belalainya, sehingga perlu dibuka beberapa bagian agar pelepasan mudah.

No caption
No credit
No caption


Pertama, boks filter udara harus dilepas terlebih dahulu. Buka klip penutupnya, keluarkan boks, lalu kendorkan baut-baut menyambungkan boks dengan throttle body. Kemudian ada 3 baut di sekitar boks yang perlu dilepas sebelum dapat diangkat.

No caption
No credit
No caption


Proses selanjutnya perlu mendongkrak bagian kiri depan, kemudian membelokkan setir ke kiri hingga mentok, lalu lepas plastik hitam pelindung fender dengan mengendurkan beberapa baut di sekitarnya.

No caption
No credit
No caption


Tabung udara di bawah dilepas dengan mengendurkan 4-5 baut pengikat ke bodi, lalu belalai dapat dilepas. Bagian yang tersambung dengan penghirup udara di dekat grille juga dapat dilepas, namun resikonya akan mudah kemasukan air.



Setelah selesai, jangan lupa sambungkan lagi slang penghubung throttle body ke boks filter udara, kemudian masukkan lagi filter ke tempatnya.

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa