Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aneka Cover Knalpot, Pelindung Panas Fashionable

billy - Jumat, 18 Maret 2011 | 07:29 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 Kombinasi warna bervariasi
Pelindung knalpot,
selain menunjang fashion, sekaligus juga untuk keamanan. Apalagi buat pengendara yang kerap berboncengan dan punya bocah di rumah. Pelindung knalpot bisa membantu mengurangi daya hantar panas. Sehingga aman.

"Selain lebih aman buat anak-anak, tampilan juga lebih oke. Fashion paling gampang dan mudah dilihat orang. Ubahan tampilannya sangat mencolok. Pasangnya juga nggak ribet," terang Dani,  penunggang Vario yang pasang pelindung knalpot alumunium di motornya.

Di pasaran pelindung knalpot custom ditawarkan beraneka warna. Baik bahan, motif dan pilihan warna. Bahan yang lebih murah ditawarkan adalah plastik. Lalu karbon dan yang paling mahal dan kini mulai ramai bahan aluminium.

"Produk yang pertama mengeluarkan cover bahan aluminium adalah Bikers. Bahan almunya terbaik. Dan bentuk grafisnya memakai mesin CNC. Sehingga hasilnya halus dan sangat simetris," terang Johny Lipurnomo dari Custom World di Jl. Sumagung III E2 No. 1, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Sekarang sudah banyak produsen yang mengikuti desain Bikers. Apalagi produk Bikers tergolong masih sangat tinggi. Untuk itu produsen lain berusaha membuat produk yang mirip tapi dengan kualitas di bawah Bikers. Misalnya kandungan bahannya lebih tipis.

"Bahkan ada yang meniru dengan bahan aluminium sangat tipis. Kalau untuk fungsi fashion saja sih enggak masalah. Tapi kalau jatuh, bahan aluminium tipis lebih mudah penyok. Bahkan tidak lagi melindungi knalpot," tambah Johny.

Bahkan fungsi pelindung panas seringkali terlewatkan karena mengejar unsur fashionable. Hmm... dari segi harga, dibandingkan cover berbahan plastik atau kevlar, cover aluminium lebih mahal.

"Bahan plastik harganya di bawah Rp 100 ribu. Bahkan yang buatan lokal juga sudah banyak," tambah Andreas dari Planet Motorsport di Jl. Otista Raya No. 23A, Jakarta Timur.

Paling menarik, pilihan warna cover yang ada juga lebih bervariasi. Tidak hanya warna monoton, tetapi juga ada warna kombinasi. Jadi, bisa disesuaikan dengan warna dominan di bodi motor. 

Enggak hanya krom, ada yang warna pelangi, kombinasi emas-merah, kombinasi hitam-kuning, biru-hitam dan sebagainya. Makin kentara kalau produk ini memang menonjolkan fashion.

 Itu tawaran dari penjual variasi. Bagi yang mau memanfaatkan komponen orisinal juga bisa dilakukan. Misalkan cover knalpot Mio dipasang di Vega. Atau sebaliknya. Tinggal bikin dudukan saja sudah beres. Harganya juga lebih murah!


Harga Variatif

Dengan variasi bentuk, warna serta kualitas sangat mempengaruhi harga jual. Paling berpengaruh, jelas di saol kualitas. Yaitu bahan dan proses pembentukan serta pengecatan. Kalau bahan tebal tapi jenis cat yang dipakai murah, pembeli bisa membedakan.

"Paling mahal tentu merek yang menjadi pioneer pelindung knalpot, yaitu Bikers. Bentuk dan ketebalan bahan sangat dijaga. Warna juga kelihatan bersih, elegan," terang Johny Lipurnomo dari Custom World di Jl. Sumagung III  E2 No. 1, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Bikers yang namanya mirip sama Majalah MOTOR Plus, dengan kualitas bahan aluminium paling tebal dijual Rp 550 ribu. Tidak terpaut banyak dengan merek lain misal Red Star, TJR dan King Kong, yang masing-masing ditawarkan di kisaran harga Rp 410 ribu, 325 ribu dan 210 ribu. Silakan pilih sesuai selera (motorplus-online.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa