Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Turing Aman Ala Juara Safety Riding

Editor - Kamis, 14 Oktober 2010 | 17:32 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET – Perjalanan turing New Mega Pro yang membelah pulau Jawa, dari Jakarta menuju puncak gunung Bromo beberapa waktu yang lalu (1-4/10) berlangsung tanpa kendala. Bahkan tanpa kecelakaan alias zero accident. Kuncinya ada pada sinergi antara penyelenggara yaitu pihak PT Astra Honda Motor (AHM) dan kesadaran para ridernya sendiri.

PT AHM selalu membawa tim safety riding selama perjalanan ini, bahkan dalam melakukan pemilihan rider yang menggeber 15 Honda New Mega Pro secara bergantian juga diseleksi berdasarkan kemampuan berkendara dan jam terbang turingnya.

Kondisi kesehatan para rider juga terus diperhatikan sepanjang perjalanan. Cek tekanan darah wajib dilakukan. Rider yang tekanan darahnya tidak normal dilarang berkendara karena dikhawatirkan akan mudah pusing, lelah dan kehilangan konsentrasi. Pemanasan juga wajib sebelum berkendara.

Lalu yang tak kalah penting adalah kesadaran para ridernya sendiri. Untuk yang satu ini mari kita tanya langsung pada Agung Budiman, pria tinggi besar asal Bandung ini menjadi rider untuk rute Bandung-Tegal. Agung punya syarat khusus agar perjalanan tetap aman.

“Yang paling penting adalah kondisi tubuh pengedara. Jangan dipaksakan kalau memang tidak sedang fit,” yakin Agung yang pernah menyabet juara dua nasional Safety Riding Competition 2010 untuk kelas komunitas dan klub di Jakarta beberapa waktu yang lalu. Maksudnya kalau sudah ngantuk atau memang sedang tidak siap, pengendara sepatutnya sadar diri untuk tidak memaksakan berkendara.

“Kalau kurang konsentrasi justru akan berbahaya bagi diri sendiri dan pengguna jalan lainnya,” lanjut ketua Ikatan Motor Honda Bandung (IMHB) ini. Gimana? Kalau skill sudah oke, tinggak kesadaran dalam berkendara. Kalau keduanya oke? Dijamin perjalanan aman dan selamat sampai tujuan!

Tetap safety riding ya!

Penulis/Foto:Popo

 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa