Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

RX-King Sang Legenda, Perlu Perlakuan Khusus

Editor - Senin, 19 April 2010 | 06:46 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Motor jenis sport turing andalan Yamaha yang menjadi legenda adalah RX-King. Bagaimana tidak? Waktu beredarnya bertahan dari tahun 1983 sampai 2005. Artinya berumur 22 tahun! Mengapa bisa selama itu?

Pertama tentu dari segi penampilan yang tergolong macho. Kedua performa mesin tergolong andal. Bahkan sangat terkenal di dunia balap resmi maupun non-resmi. Baik itu road race sampai drag bike, bahkan juga diandalkan di arena grass track.

Salah satu faktor pendorongnya  karena teknologi masih konvensional, sehingga banyak mekanik yang mampu menangani maupun mengoprek jadi kencang. Apalagi pilihan spare part sangat banyak, tersedia dari asli sampai KW yang sangat terjangkau.

Pasaran motkas pun saat ini masih cukup bagus. Seperti diungkap oleh Chairudin, dari gerai motkas Diana Motor di kawasan Kedoya, Jakbar. “Pasarannya masih bagus, bahkan sekarang cari barang sudah cukup sulit,” jelasnya.

Pria yang biasa disapa Udin ini menambahkan, jika kondisi barang bagus, harganya bisa tinggi. Contohnya harga normal keluaran 2003 sekitar Rp 7 juta, namun jika kondisi istimewa bisa sampai Rp 8 juta.

Nah, lantaran tunggangan sudah dipakai sekitar 7 tahun, perlu dilakukan pengecekan dan penggantian onderdil tertentu agar kinerja mesin optimal.

“Sebagai gambaran, yang mesti diperhatikan adalah kampas kopling, seher dan gir set, juga mesti dicek bagian kaki-kaki seperti sokbreker, tak lupa kampas rem,” papar Agustinus P. dari bengkel Nero Speed di Purwo-kerto, Jateng.

Orisinal
Kampas rem depan 50.000
Kampas rem belakang 53.000
Kampas Kopling 189.000/set
Gear set
148.000
Piston
36.500
Ring piston
69.000
Sumber: Yamaha Putra Pos Pengumben di jl.Raya Pos Pengumben No.37 Jakbar 021-5347651

 Penulis/Foto: Aant / Aant

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa