Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

BMW Z4 Kini Pakai Mesin 4 Silinder 2.0 Liter

billy - Kamis, 21 April 2011 | 12:03 WIB
No caption
No credit
No caption


New York - Meskipun bertampang sebagai mobil sport, penurunan kapasitas mesin bukan hal yang haram untuk dilakukan, apalagi saat isu efisiensi sedang panas-panasnya. Itulah yang dilakukan BMW pada roadster andalannya, BMW Z4. Dari mesin 6 silinder, dipangkas hanya 4 silinder.

Tapi jangan langsung meremehkan mesin baru yang berkode N20B20 ini. Meski hanya berkapasitas 2.0 liter 4 silinder (sebelumnya 3.0 liter 6 silinder), banyak keuntungan yang bisa dimanfaatkan BMW Z4 terbaru, salah satunya tentu bobot yang jauh lebih ringan.

Apalagi ketika material yang digunakan adalah alumunium, semakin ringan saja mesinnya. Jadi, jangan heran kalau torsinya bisa melebihi mesin lama 3.0 liter 6 silinder. Dan pastinya, mesin 4 silinder 2.0 liter ini jauh lebih irit BBM.

Seperti halnya mesin 3.000 cc enam silinder, mesin ini juga menggabungkan highpressure direct-injection dan valvetronic intake control, sehingga bisa memproduksi tenaga hingga 245 Hp pada 5.000 rpm dan torsi 350 NM pada 1.250 rpm. Sedangkan mesin 3.0 liter 6 silinder, torsinya hanya 310 Nm.

Peranti injektor bertekanan tinggi hingga 200 bar, yang posisinya berdekatan dengan busi, juga bakal membuat asupan bahan bakar jadi lebih cepat dan sempurna. Dan asiknya, BMW Z4 terbaru ini hanya butuh 1 liter BBM untuk jarak sejauh 12 km. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa