Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Kenalkan Cat Mobil Berbahan Dasar Air

billy - Rabu, 9 Februari 2011 | 15:38 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta – Selain tetap menggalakan program ramah lingkungan seperti penghijauan kota, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku ATPM Honda mobil di Indonesia juga menjalankan program penggunaan cat bercampuran air, atau water based paint.

Water based paint merupakan material cat yang ramah lingkungan karena hanya menggunakan sedikit kandungan thinner, karena material cat yang digunakan berupa 70 persen air yang menggunakan demineralize water sebagai pelarutnya.

Keuntungan dari cat jenis water based ini diantaranya berkurangnya penguapan Volatile Organic Compound (VOC) yang dapat merusak kesehatan dan lingkungan. Selain itu, bau tak sedap dari larutan thinner yang menusuk, juga dapat dikurangi.

Meski menggunakan pelarut air, tapi pengerjaan pengecatan lebih singkat, meski waktu pengeringan sama dengan cat biasa.

Saat ini baru delapan bengkel resmi yang mengaplikasi water based paint. Dan tersebar di Jakarta, Tangerang, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Kalimantan Timur.

Diharapkan di 2012 seluruh bengkel pengecatan Honda yang berjumlah 39 dealer akan menggunakan water based paint. Sedang untuk di proses pabrikasi masih belum dilakukan dalam jangka waktu dekat ini.

“Sebab dalam proses pabrikasi telah memakai robot otomatis. Jika harus mengganti bahan cat, maka robot tadi juga harus diganti dan tentu membutuhkan biaya besar,” jelas Jonfis Fandy, Marketing and Aftersales Service Director PT HPM.

Jonfis menambahkan, saat ini di Asia baru pabrik Honda di Jepang dan Thailand yang sudah mengaplikasi water based paint. (mobil.otomtoifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa