Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fakta-Fakta Tentang Sliding Door Honda Freed, Terbuka Tanpa Disentuh

Iday - Rabu, 1 Juli 2009 | 07:55 WIB
Honda Freed
Dok. OTOMOTIF
Honda Freed

OTOMOTIFNET - MPV berpintu sliding di Indonesia memang sudah banyak, apalagi di MPV premium seperti Toyota Alphard, Hyundai H1, atau VV Caravelle.

Tapi di kelas medium MPV tak banyak yang mengadopsi pintu geser ini apalagi dilengkapi power sliding door yang bisa dibuka tutup hanya dengan remote control seperti yang diadopsi Honda Freed.

Sliding door memang memudahkan keluar masuk mobil bahkan saat parkir di ruang yang sempit sekalipun.

Tapi bukan hanya itu yang menjadi nilai lebih sliding door pada Honda Freed. Justru kesinambungan dengan bagian lain di mobil ini membuat penumpang khususnya di bangku kedua lebih nyaman. 


Dimulai saat membuka pintu secara manual, seorang anak kecil pun bisa dengan mudah membuka atau menutup pintu karena hanya dengan menggesernya pintu akan dengan sendirinya terbuka atau tertutup.

Bahkan kalau mecoba varian paling mahal dari Honda Freed, sliding door bisa dibuka tutup tanpa disentuh. Hanya dengan menekan tombol di bawah setir atau dengan remote control pintu bisa secara otomotis terbuka. 

Mengintip Sliding Door Honda Freed
Mengintip Sliding Door Honda Freed

Penumpang bisa tetap tenang lalu lalang tanpa perlu khawatir terjepit. Karena mirip pintu lift, pintu Freed akan berhenti ketika terganjal.

Pada pintu sebelah kiri juga berkerjasama dengan tutup lubang tanki bahan bakar. Ketika penutup lubang itu terbuka, pintu tak akan bisa membuka. Karena tentunya akan menutup lubang pengisi bahan bakar tersebut.

Saat hendak masuk ke ruang kabin pun penumpang dijamin tidak akan kesulitan karena tinggi ruang kabin dari tanah cukup rendah.

“Flat floor (lantai datar) yang rendah membuat penumpang lebih mudah keluar-masuk karena tinggi step slide door-nya hanya 410mm,” ungkap Shigehiro Yasuki, Freed development chief engginer, Honda R&D co.,Ltd dalam presentasi tekniknya saat launching lalu.

Khusus untuk anak-anak dan lansia akan sangat terbantu dengan flat door yang rendah ini. Karena kaki tidak harus diangkat tinggi-tinggi untuk bisa masuk ke dalam kabin.

Kemudahan tadi ditambah lagi dengan bukaan pintu yang cukup lebar. Pintu geser Freed ini bisa dibuka hingga 600mm. Tidak terlalu sempit bagi penumpang berbadan gemuk sekalipun.

Kenyamanan ini masih ditambah dengan adanya assistant grip untuk pegangan ketika masuk dan keluar mobil. Tingginya sekitar 990 mm sehingga tetap bisa dijangkau anak umur 3 tahun. Mantap kan?

Penulis/Foto:Popo

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa