Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Masker Motor Usir Sel Kanker

Editor - Sabtu, 2 Agustus 2008 | 10:56 WIB
No caption
No credit
No caption

Tingkat polusi di Jakarta dan kota besar yang cenderung tinggi, menyebabkan kualitas udara sangat minim. Khususnya udara di jalanan yang berbaur dengan asap knalpot dan debu. Tak heran bila udara yang dihirup saat bermotor sangat rawan penyakit.

Aplikasi masker alias penutup hidung menjadi sangat vital untuk mengurangi kandungan zat dan partikel negatif yang terhirup ke dalam tubuh. Sayangnya, tak banyak pengendara motkas sadar akan hal itu.

Ibarat filter, masker berguna untuk menyaring udara yang akan dihirup selama di atas motor. Apalagi bikers yang sehari-hari mengandalkan helm jenis half face. Udara kotor akan dengan leluasa terhirup ke dalam paru-paru dan sangat berpotensi menjadi pemicu kanker paru-paru.

Masker yang biasa di jual antara Rp 3.000-25.000, baik di lampu merah maupun toko aksesoris tersedia dalam berbagai model. Pastinya didesain untuk menutupi hidung hingga batas leher. “Khusus pada bagian hidung, dibalik kain masker terdapat filter yang terbuat dari sponge agar pengendara bisa leluasa bernafas,” tutur Condro dari Kencana Motor Sport, Kelapa Dua, Kebon Jeruk.

MENCUCI MASKER KAIN
Masker yang banyak beredar di pasar rata-rata berbahan kain yang memiliki lapisan sponge di bagian dalamnya. Fungsi sponge untuk menyaring zat dan partikel negatif yang berbaur dengan udara.

Namanya juga berfungsi sebagai filter pasti ada masa di mana masker akan kotor. Lakukan pencucian paling tidak sebulan sekali dengan deterjen biasa di mesin cuci. Kalau takut masker menjadi rusak, paling tidak rendam di air sabun (deterjen) sambil dikucek secara lembut.

Nanti akan terlihat air cucian berubah warna menjadi hitam karena kotoran seperti asap solar, debu dan keringat yang menyatu di lapisan kain masker.

Selesai mencuci, dijemur dalam kondisi tidak terkena matahari langsung karena nanti akan merusak filter sponge di bagian dalamnya. Usia masker bisa bertahan selama 6 bulan dan setelah itu ganti dengan yang baru.

Penulis : Kl:x  (Sisipan OTOBURSA)
Foto : Johan

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa