Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cutting Sticker Rally Style, Bisa Jiplak Atau Bikin Baru

Otomotifnet - Kamis, 10 September 2015 | 17:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Seperti ini desain separasi Parker Kligerman dan Kyle Busch MotorSport, pada Camry SE 2013


Jakarta
- Saat ini penggemar ubahan bergaya rally, memang banyak yang tampil dengan bodi standar alias polos-polos saja. Masih jadi kendaraan operasional harian, jadi alasan mereka malu-malu kucing tampil lebih indentik dengan gaya ubahan yang dipilih tersebut.

No caption
No credit
No caption

Jiplak desain yang sudah ada maupun bikin desain baru, memiliki tingkat kesulitan yang kurang lebih sama. Desainer harus tahu keinginan konsumen


Padahal kalau mau dilihat grafis yang ada pada kendaraan reli dunia, banyak yang menarik. Tapi memang enggak bisa dipungkiri, banyak desain stiker pada bodi kendaraan reli yang kelirnya ngejreng. Sebenarnya hal tersebut enggak jadi soal, apalagi kalau diserahkan pada designer cutting seperti Wandi Dharmansyah (Graphic Factory) atau Thomas Ryan (www.tukangprint.com).

No caption
No credit
No caption

Banyak desain model grafis dan hanya logo sponsor, bikin aplikasi cutting sticker bergaya rally mudah dipesan


Soal warna yang ngejreng pada kendaraan reli bisa dibikin lebih kalem. “Dengan kelir yang dibikin lebih kalem, memang akan terlihat lebih sopan kalau kendaraan tersebut dipakai harian,” ujar Thomas Ryan yang workshop-nya di Jl. Cempaka Putih, Jakpus.

No caption
No credit
No caption

Enggak ada desain grafis pada kendaraan reli dunia yang bisa pasang. Oleh karenanya, baik jiplak maupun bikin baru, jatuhnya custom


Selain kelir yang bisa dibikin kalem, ternyata pengerjaan grafis reli lebih mudah. Pasalnya kebanyakan yang ditempel ke bodi model cutting sticker. “Kalaupun si empunya ingin ganti warna bodi, maka prosesnya wrapping dulu. Baru kemudian eksekusi cutting sticker sesuai order,” jelas Wandi, pemilik workshop di Jl. Perjuangan, Jakbar.

Stiker berlabel Oracal 651, dipilih karena banyak varian warna dan harga bersahabat


Jangan Separasi Langsung

Beberapa hal yang jadi ciri khas grafis pada bodi kendaraan reli. Seperti grafis yang modelnya garis lurus, logo-logo dari sponsor dengan font yang cukup besar dan enggak ada separasi langsung. Contoh dari separasi langsung itu, seperti gambar lidah api.

Separasi yang biasanya diaplikasikan biasanya terdiri dari beberapa garis, seperti yang dilakukan Parker Kligerman dan Kyle Busch MotorSpor pada Toyota Camry SE (2013).  Ada 2 kategori pengerjaan grafis reli, pertama adalah dengan menjiplak yang sudah ada. Berikutnya dengan mendesain sendiri grafis yang hendak ditempel, sesuai kepentingan si empunya kendaraan.

Soal bahan sticker yang digunakan adalah Oracal 651. Alasannya ketersediaan warnanya beragam dan harganya yang reasonable. Proses yang dilakukan pada kategori pengerjaan menjiplak grafis, pertama tentunya harus tahu keinginan konsumennya seperti apa.

Harga untuk pengerjaan di bidang kecil seperti hatchback maupun low MPV, kisaran Rp 2,5-3,5 juta dan kalau sampai SUV, maka startnya dari Rp 4 jutaan. Lama pengerjaan dari mulai desain sampai menempelkan, lebih kurang 3 hari.

Kalau konsumen maunya ganti kelir dengan wrapping terlebih dahulu dan dilanjut cutting sticker, maka biayanya lebih mahal. Kisaran harganya Rp 5-8 juta. • (otomotifnet.com)

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa