Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Silahkan Beli Part AC Lapis Dua, Bisa Awet Asal Dirawat

Editor - Kamis, 11 Maret 2010 | 07:43 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - AC termasuk salah satu fitur penting yang jadi pertimbangan pokok saat kita membeli mobil. Tanpa pendingin kabin ini, pasti akan membuat berkendara jadi tidak nyaman.

Bahkan bisa memicu stres dan darah tinggi lo. Untuk itu, menjaga kinerja AC tetap dingin, sangat penting dilakukan. Bila perlu, lakukan penggantian part jika memang dibutuhkan.

Tak usah pusing jika mendapati harga komponen orisinilnya mahal. Toh, sekarang sudah banyak kok produk second layer yang bisa diandalkan.

"Produk-produk ini sebenarnya punya kualiatas yang lumayan. Asalkan perawatan berkala selalu dilakukan, bakalan awet juga kok," bilang Jito, penggawang Anugrah Jaya, spesialis AC mobil di Jl. Tole Iskandar, Depok, Jabar.

SETAHUN SEKALI

Seperti dibuktikan Wijaya, warga Ciputat, Tangerang yang 4 tahun lalu mengganti kondensor AC Toyota Corona 1.6 keluaran 92 miliknya, lantaran kondensor bawaan mobil sudah mengalami kebocoran dan sulit untuk ditambal.

"Alhamdulillah sampai saat ini AC mobil saya masih tetap dingin. Soalnya setahun sekali saya servis rutin AC-nya ke bengkel," akunya sembari menyebutkan kondensor yang ditebusnya merek Formula buatan Thailand seharga Rp 700 ribu. Sementara banderol part orisinilnya (Denso) bisa mencapai Rp 900 ribuan.

No caption
No credit
No caption

Untuk kompresor sebaiknya tetap pakai genuine
No caption
No credit
No caption

Reciever driver second layer lebih hemat 25%
No caption
No credit
No caption

Kinerja kondensor aftermarket bisa diandalkan
No caption
No credit
No caption

Evaporator KW mampu mendinginkan udara layaknya produk ori asal rajin diservis berkala

Komponen yang sama untuk Toyota Avanza 1.3 pun demikian. Aslinya bisa mencapai Rp 1 jutaan. Sementara kalau tebus label IMT, cukup rogoh kocek Rp 750 ribu saja. Malah untuk Innova, banderol aslinya (Denso) juga lumayan menggigit, yakni bisa mencapai Rp 1,5 juta.

Sedang kalau Anda lirik produk berlabel Paco, hanya dikenai Rp 950 ribu saja. Lumayan kan, sisa duitnya bisa untuk beli yang lain kayak katup ekspansi,  filter evaporator dan sebagainya


Jika mau tambah double blower bisa lirik produk thailand

Begitu pula bila evaporator mobil Anda bermasalah. Juga tak harus diganti dengan produk orisinil jika isi dompet Anda pas-pasan. Sebab umumnya untuk bikinan asli Denso dibanderol sekitar Rp 800 ribu ke atas.

Sementara produk KW kayak merek Fuji Cool, Formula, UCM, Seasons (Malaysia) hanya dikenai Rp 500 - 600 ribuan. Demikian pula dengan kantup ekspansi, filter evaporator, receiver drier (baik jenis silika maupun tabung) dan lain-lain. Banderol produk KW-nya bisa lebih murah 10 - 25%.

Bahkan jika Anda ingin mengaplikasi double blower di kabin MPV kesayangan, tidak ada salahnya kok melirik produk aftermarket.

Toh, embusan angin dingin tetap bisa menjangkau bagian belakang kabin. Misal untuk Kijang kapsul, Kijang Super, Avanza bisa pakai produk IMT atau Formula yang hanya dibanderol sekitar Rp 2,2 jutaan. Sedang kalau tebus part orisinilnya, Anda mesti keluarkan kocek Rp 4,5 - 5 juta lebih.

Malah untuk merek Fuji Cool dan Trend Slim buat Kijang Kapsul lebih murah lagi, yakni masing-masing Rp 1,6 juta dan Rp 1,4 juta.

Penulis/Foto: Fend / Salim

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa