Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Mencuci Helm, Bisa Dilakukan Sendiri

Otomotifnet - Sabtu, 31 Oktober 2015 | 15:04 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Helm bagi pengendara motor adalah item yang wajib dipakai. Oleh karena itu pula helm pasti akan jadi kotor pada waktu tertentu. Solusi untuk problem helm kotor tentu hanya satu, mencuci bersih helm anda untuk mengembalikannya ke kondisi yang nyaman ketika dipakai.

Enaknya, sekarang banyak tempat penitipan helm di parkiran mall atau perkantoran yang juga menyediakan jasa pencucian helm.Tetapi walaupun menawarkan kemudahan, bukan berarti tempat cuci helm tersebut tidak memiliki kekurangan.

Beberapa kali OTOMOTIF menerima curhatan dari pembaca tentang kurangnya perhatian dari perawatan yang diberikan oleh tempat cuci helm di parkiran mal. Seperti yang diutarakan Muhammad Rafki, mahasiswa salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta ini mengalami hal yang kurang mengenakkan ketika menggunakan jasa cuci helm di salah satu mal di Jakarta.

“Memang helm bersih dan wangi setelah di cuci, tapi sampai di rumah, setelah gue lihat lagi ternyata ada baret halus di visor, kain padding helm juga jadi brudul, semenjak itu kapok pakai jasa cuci helm yang ada di parkiran mal lagi,” aku pembesut Honda CB150 R ini.

Kalau sudah begitu bagaimana? Alternatif lain ya membawa helm ke tempat perawatan helm yang sudah terbukti hasil kerjanya, tapi sayang tempat seperti itu terbilang langka. Kalau sudah begini, pilihan terakhir yaitu melakukannya sendiri di rumah, mau tidak mau harus diluangkan waktu. Tapi jika hasilnya bisa lebih baik jika dilakukan sendiri, kenapa tidak?

Mencuci helm sendiri. Biar tidak bingung lagi, Samsul Nur Maarif dari Bengkel Helm berbagi tips dalam membersihkan helm sendiri. Bengkel yang ada di bilangan Gas Alam, Depok ini memang spesialisasinya reparasi dan perawatan helm dari segala jenis merek.

Menurutnya jika pemilik helm ingin membersihkan helmnya sendiri, sebaiknya mengikuti tips di bawah ini: • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

1. Padding helm jangan direndam, sebaiknya langsung cuci menggunakan sabun cuci cair

No caption
No credit
No caption

2. Ketika menyikat bagian padding yang kotor (biasanya di bagian pipi dan leher), gunakan sikat yang halus untuk menghindari kain padding rusak


No caption
No credit
No caption

3. Untuk mengeringkan padding, bisa dijemur di bawah sinar matahari atau ditaruh di depan kipas angin, tergantung kondisi cuaca.

No caption
No credit
No caption

4. Untuk batok dan visor, tidak perlu ikut dicuci menggunakan air, cukup bersihkan menggunakan kain kering bersih

No caption
No credit
No caption

5. Agar kondisi cat helm tetap terjaga, bisa juga menggunakan kompon atau cairan pembersih ketika membersihkan batok helm


6. Setelah dicuci, boleh menyemprotkan parfum helm


Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa