Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Setting Sendiri Ketinggian Sorot Lampu All New Honda CB150R, Mudah!

Otomotifnet - Senin, 21 Desember 2015 | 10:01 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Sorot lampu LED All New Honda CB150R Street Fire memang keren, tampak futuristis dan terang. Tapi, karena terang jangan sampai sorotnya terlalu tinggi. Efeknya, yang pertama adalah visibilitas ke jalanan justru berkurang, kedua bikin pengendara motor dari arah berlawanan seakan dibutakan sesaat, silau man! Biar enggak kena sumpah serapah pengendara lain, yuk setel arah sorotnya.

“Pada dasarnya tidak ada patokan khusus dalam setting ketinggian arah sorot lampu, dapat berbeda pada setiap pengendara,” buka Endro Sutarno, Technical Service Training Instructor dari Astra Honda Training Center PT Astra Honda Motor (AHM).

Menurutnya ada banyak faktor yang mempengaruhi tinggi rendah sorot lampu. “Misalnya, jika bobot pengendara lumayan berat, maka arah sorot lampu jadi lebih tinggi karena motor mendongak. Jadi setingnya dibikin rendah,” ungkapnya.

“Sedang untuk musim hujan seperti saat ini atau yang berada di wilayah berkabut sebaiknya settingan sorot lampu dibuat lebih menunduk, tujuannya agar sorot lampu tidak memantul ke mata yang malah membuat silau. Selain itu, sorot lampu juga jadi lebih tajam ke aspal, tetap menerangi dengan baik walau LED berwarna putih,” beber pria ramah yang akrab disapa Endro ini.

Langsung setel ya, sebelumnya cari dulu lokasi baut pengatur ketinggian sorot lampu, tiap motor posisinya berbeda. Pada CB150R, posisinya ada di bawah headlamp, bentuknya seperti gerigi yang dapat di putar menggunakan obeng kembang. ”Disarankan pakai obeng yang panjang, kalau pendek akan sulit karena tangan mentok dengan sepatbor,” lanjut Endro yang berkantor di Sunter ini.

Saat obeng kembang berada di dalam gerigi, putar ke kanan untuk menurunkan sorot lampu, sedang putar ke kiri untuk meninggikan. Sebaiknya, saat penyetelan langsung dicoba dengan duduk di atas joknya, agar langsung disesuaikan dengan berat pengendara. Mudah kan! • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption
1. Letak setingan arah sorot lampu CB150R berada di bawah headlamp dekat besi plat nomor
No caption
No credit
No caption
2. Putar gerigi menggunakan obeng kembang sesuai yang dibutuhkan, kanan makin rendah, kiri makin tinggi
No caption
No credit
No caption
3. Pakai obeng yang panjang agar tangan gak mentok sepatbor dan as sok depan

4. Tembok bisa menjadi patokan tinggi-rendah sorot lampu, tapi tetap harus dicoba karena adanya beban pengendara membuat posisi lampu berubah

 

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa