Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Honda Civic Nouva 1990, Nostalgia Masa Kuliah

Otomotifnet - Kamis, 11 Februari 2016 | 09:11 WIB

Banyak yang mendambakan tampilan kendaraan versi luar negeri. Ada yang suka versi Australia, Eropa, Amerika dan tidak sedikit yang maniak versi Jepang

Jakarta - Salah satu yang doyan aplikasi barang-barang JDM (Japan Domestic Market) ialah Richard Herlambang. Selain ingin bergaya ala JDM, sekalian nostalgia masa kuliah dulu sempat pakai Honda Civic Nouva dengan gaya racing. "Kangen kendaraan old school masa muda," sebut pria yang juga mengkoleksi Civic Wonder dan Civic Excellent ini.

Proses mengumpulkan barang-barang JDM butuh kesabaran ekstra. Kenapa? Rata-rata parts JDM itu sudah dalam keadaan bekas. Namanya barang bekas, tentu tidak ada yang sempurna. "Misal hunting jok, begitu sudah ketemu model yang diincar. Eh kainnya ada yang sobek, terpaksa harus hunting lagi," terang pria berusia 43 tahun ini.

Pertama yang diincar barang-barang eksterior seperti lips depan, parking pole dan fog lamp. "Oh iya parking pole itu penting loh, apalagi di tahun 1990-an ngetren," sebut ayah 3 orang anak ini. Kerennya lagi parking pole ini tidak paten, melainkan ada mekanisme motorized. Jadi tinggal tekan tombol di kabin untuk menaikan dan menurunkan. Hal menarik lainnya bisa dilihat di ruang mesin. Sekilas memang tampak sama dengan bawaan pabrik.

Namun perhatikan tulisan VTEC-E pada valve cover, tandanya mesin 1.300 cc ini sudah mengadopsi VTEC. Huruf E dibelakang tulisan VTEC berarti economy. Cara kerjanya dengan menonaktifkan 1 katup isap per silinder, begitu VTEC bekerja pada putaran mesin tertentu maka total katup yang bekerja menjadi 16. "Singkatnya, ketika mesin bekerja sebelum VTEC On, maka kendaraan ini bermesin 12 katup, begitu VTEC On, ya 16 katup langsung bekerja," ujar penghuni kawasan Kedoya, Jakbar. Memang old school never dies. • (otomoitifnet.com)

Plus:
- Dengan VTEC-E mesin enak dipakai harian selain irit juga bertenaga

Minus:

- Terlihat seperti kendaraan standar tapi biaya modifikasinya cukup mahal

Data Modifikasi:

Mesin Kepala Silinder D15B5 VTEC-E Eksterior OEM Lips Honda Civic SiR OEM Stanley Fog Lamp Honda Civic EF OEM Stanley Fog Lamp Belakang Honda Access Parking Pole Honda Access Muffler Tip Interior Jok OEM Honda Civic SiR Honda Access Cockpit OEM Switch Fog Lamp Depan Belakang Honda Access Cover Tonneau Kaki-kaki Pelek Kaleng Dop Pelek Honda Civic SiR Ban Bridgestone Turanza 185/60 R14 In Car Entertainment Head Unit Alpine CDE-100EUB Subwoofer Aktif Alpine

 

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa