Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menonaktifkan Notifikasi Drivetrain pada BMW Bisa Diakali Jika Darurat

Otomotifnet - Senin, 22 Februari 2016 | 08:37 WIB

Jakarta - Minggu pagi, saat paling tepat untuk menikmati F30 anda mengitari jalanan Jakarta yang sepi. Namun tidak asyik kalau tibatiba ada notifikasi ‘Drivetrain’ atau ‘Drivetrain Malfunction’ yang muncul di monitor iDrive atau MID. Nah loh, apa sih itu?

Sesuai namanya, Drivetrain Malfunction berarti terdapat kesalahan di sektor penggerak. Kasus-kasus yang pernah terjadi misalnya, batu yang tersangkut di driveshaft yang bisa berakibat fatal. Masalahnya, notifikasi ini terkadang juga muncul karena sebab yang lebih sepele.

“Misal karena over-torque atau ignition failure, itu bisa muncul Drivetrain. Nah kalau seperti itu bisa diakali,” terang Rocky, owner Cockpit Autowork di Kedoya, Jakbar. Kenapa harus diakali? Selain mengganggu tampilan di iDrive dan MID, Drivetrain Malfunction juga membatasi kecepatan hingga maksimum 40 km/jam dan mesini bergetar.

Namun perlu diingat, karena tindakan ini hanya berfungsi sebagai pencegahan atau solusi sementara, pengecekan lebih lanjut di bengkel resmi BMW terdekat tentu disarankan, bahkan setelah notifikasi ini mati untuk menghindari kerusakan lebih lanjut. • (otomotifnet.com)


1. Di BMW modern yang sudah mengusung monitor dengan iDrive mulai dari Seri 5 E60 hingga Seri 7 G02, notifikasi kuning akan muncul di layar bertuliskan “Drivetrain. Maximum power not available. Drive moderately.” atau “Drivetrain Malfunction: Drive Moderately.” Sedangkan peringatan yang lebih serius akan berwarna merah dan meminta pengemudi untuk menepi dan mematikan mesin.

2. Matikan mesin beberapa saat, kemudian menggunakan switch lampu yang berada di sebelah kanan dasbor, pindahkan kenop ke bagian paling kanan atau low beam. Setelah itu, nyalakan lagi mesin. Notifikasinya Drivetrain akan hilang dan kembali ke layar normal.

3. Jika benar Drivetrain hanya muncul karena overtorque atau ignition failure, limit kecepatan pun akan kembali normal. Sedangkan jika kerusakan ternyata benar berasal dari sektor penggerak, peringatan tersebut akan kembali muncul dan sebaiknya segera dicek di bengkel resmi terdekat

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa