Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilihan Lampu Proyektor Ada Dua Model, Silakan dipilih!

Otomotifnet - Minggu, 28 Februari 2016 | 10:02 WIB

Salah satu poin agar tampang mobil terlihat lebih modern adalah adanya head lamp model proyektor

Jakarta - Namun bagi yang lampu utama kendaraannya belum menggunakan lampu proyektor, enggak usah khawatir.  Ada 2 cara yang bisa ditempuh, agar tampang kendaraannya terlihat lebih modern. Cara pertama dengan memasangkan perangkat proyektor ke dalam batok head lamp. “Jadi tinggal buka casing head lamp dan kemudian pasang perangkat proyektornya,” terang Willy Umantara dari Transauto di Mega Glodok Kemayoran, Jakpus.

Ada beberapa pilihan lampu proyektor yang bisa jadi bahan pertimbangan. Dari model lawas yang tampangnya membulat (G1) dan G1S yang sudah menggunakan desain persegi 8. Atau, model yang rumahnya seperti kipas (X1C dan X1S). Mencangkokkan perangkat proyektor ke dalam head lamp, enggak butuh waktu lama.  Willy mencontohkan bila hendak dipasangkan ke Toyota Avanza atau Xenia, butuh waktunya hanya 2-3 jam saja.

“Untuk kendaraan keluaran Honda, memang bongkar pasang lampunya lebih sulit dibanding Avanza. Oleh karenanya, butuh waktu bmw lebih kurang 3-5 jam,” jelas pria ramah itu. Soal harga, untuk perangkatnya dibanderol Rp 1,2 juta. Sedangkan bila dengan pasang, ada tambahan ongkos pemasangan Rp 300 ribu. Oleh karena ada proses bongkar pasang, maka diberikan garansi 1 bulan. Garansi yang diberikan apabila terjadi kebocoran yang berakibat timbulnya embun di dalam lampu.

Cara berikutnya yang bisa ditempuh untuk ganti head lamp model proyektor adalah dengan merumahkan perangkat bawaan pabrik. Alias, head lampu asli diganti produk aftermarket yang head lampnya sudah proyektor. Langsung ganti perangkat, sudah barang tentu enggak butuh pengerjaan yang rumit. Hanya butuh biaya yang lebih besar dari cara mencangkokkan perangkat proyektor ke dalam rumah head lamp.

“Tinggal siapkan saja dana Rp 3,85 juta untuk kendaraan seperti Avanza atau Veloz. Sedangkan bagi pemilik Kijang Innova, budget yang harus disiapkan Rp 3,35-4 juta,” papar Hendro Chiu dari Sky Performance di Kemayoran, Jakpus. Ada 2 model casing proyektor (bulat dan kotak) yang bisa dipilih konsumen. Untuk yang casing kotak, banderol yang dipatok Rp 4 jutaan. • (otomotifnet.com)

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa