Nih Hasil Test Lengkap Yamaha New Fino 125 Blue Core!

Sabtu, 12 Maret 2016 | 11:05 WIB

Jakarta - Si cantik Yamaha New Fino 125 Blue Core sudah ada di kantor redaksi, sayang rasanya jika tidak dieksplorasi lebih dalam. Kali ini, kita jalan-jalan di Jakarta yang lagi sering diguyur hujan. Gerimis dan udara yang sejuk saat matahari mulai menampakan diri membuat sesi pengetesan motor Rp 16,25 juta (OTR Jakarta) ini makin romantis. Penasaran? Yuk ikutin kencan kami!

Test Ride Yamaha Fino 125

Desain
Meski mengusung mesin dan rangka baru, tapi desain yang diusung Fino 125 tak berubah. Satu satunya yang baru hanya emblem Blue Core yang menjadi teknologi pada mesinnya. Sedang warna dan grafisnya ada dua konsep besar yaitu Stylish dan Sporty.

Fitur dan teknologi
Dibekali teknologi Blue Core, mesin 125 cc yang diusung Fino 125 diambil dari Yamaha Mio M3. Keduanya sama-sama pakai forged piston yang dipadukan dengan Di Asil cylinder. Dibikin minim gesekan, lewat aplikasi roller rocker arm dan offset cylinder.

Injeksinya, pakai throttle body 24 mm yang hanya diisi TPS (throttle position sensor), enggak ada lagi sensor suhu dan tekanan udara seperti generasi teknologi injeksi YMJet-FI. Untuk mengoreksi kondisi pembakaran menggunakan sensor O2 di lubang buang.

Agar berkendara bisa lebih irit, Fino 125 juga dibekali Eco Indicator di spidometer. Kerjanya dengan membaca dari putaran mesin dan bukaan TPS. Kendati mesin persis dengan Mio M3, namun tetap ada bedanya. Yaitu pada roller CVT. Fino pakai 11 gram, sedang Mio M3 12 gram, efeknya akselerasi lebih cepat.

Fitur Auto Open Key Shutter, bekerja saat tombol anak kunci dipencet lama, maka receiver memerintahkan solenoid di rumah kunci untuk menarik tuas pengunci shutter key, dan hasilnya shutter key terbuka modifikasi

Fitur barunya ada Advance Key System dengan Answer Back dan Auto Open Key Shutter. Pencet tombol di anak kunci sekali maka suara alarm akan berbunyi dan lampu sein menyala, sehingga lebih mudah menemukan skutik bergaya retro modern ini di parkiran.

Kemudian tahan tombol lebih lama, maka alarm berbunyi sekali dan sein juga menyala kemudian penutup lubang kunci akan langsung terbuka, diikuti dengan lampu LED yang menyala menerangi lubang kunci. Keren ya! Bagasinya kini lebih lega, kapasitasnya 8,7 liter cukup untuk menampung jas hujan serta beberapa perlengkapan lainnya. Sayang headlamp LED yang sudah ada pada versi Thailand urung dibawa ke Indonesia.

Handling & Riding Position
Duduk di joknya yang hanya 745 mm dan dilapisi busa empuk membuat posisi duduk sangat nyaman dan terasa rendah, pas nih buat wanita. Tinggi tester 168 cm bisa menapakan kaki dengan sempurna ke aspal. Deknya juga lega, ukuran sepatu 42 masih leluasa memilih posisi kaki.

Bobotnya yang tak sampai 100 kg, hanya 98 kg ini memudahkan saat menggeser di parkiran. Diajak meliuk di antara kemacetan, ringan dan nurut saat menikung. Suspensinya memang agak keras namun stabil dengan sedikit gejala limbung. Buat jalan dalam kota sih asyik nih, karena sudah lebih empuk dari Fino lama.

Editor : Otomotifnet

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA