Modifikasi Honda Jazz GE8 S 2010, Enggak Puas Dengan Turbo Kit

Senin, 25 April 2016 | 07:43 WIB

Manusia memang tidak pernah puas. Sudah merasakan sensasi torsi dari turbo boost rendah, akhirnya di-upgrade ke boost tinggi

Jakarta - Awalnya sekadar memasang turbo kit lansiran Zage pada mesin berkode L15A7. Dengan boost 0,4 bar, lama kelamaan tangan mulai gatal untuk menaikan tekanan turbo. “Masih kurang puas dengan turbo kit,” terang H Yudi Hendrayana, sang pemilik  Honda Jazz GE8 S  lansiran 2010 ini. Alhasil seluruh kit Zage dijual.

Namun sebelum memasang perangkat turbo custom baru, tentu internal mesin perlu disiapkan dengan benar. “Supaya aman, mesin tidak mudah jebol kena tekanan turbo yang besar,” ujar pria yang juga tengah membangun Honda Brio 1.300 cc ini.

Agar siap menerima boost tinggi, perlu menggunakan piston kompresi rendah dan juga setang piston Hbeam buatan Carillo. “Ada 2 model  piston low compression 9:1 dan 8,5:1.

Tapi saya ambil yang 8,5:1 agar benarbenar kuat menahan boost turbo hingga 1,4 bar,” papar Yudi lagi. Camshaft racikan JUN dipercaya menaikkan debit udara. Plus supaya tidak terjadi floating ketika putaran mesin tinggi, per klep standar diganti dengan keluaran Bisimoto. Piping turbo dibuat custom dengan bahan stainless steel.

Untuk mengakali pasokan bahan bakar tidak lean saat boost turbo mulai masuk ke ruang bakar, digunakan injektor tambahan berkapasitas 600 cc per menit. “Percuma kan kalau pasokan udara sudah melimpah, tapi tidak diimbangi dengan suplai bahan bakar yang sesuai,” terang pria asal Garut, Jabar ini.

Mesin bertenaga besar harus tersalur dengan baik ke roda. Maka dari itu, kopling set diganti tipe kompetisi rancangan ACT.

Traksi saat start juga dibantu limited slip differential buatan Carbonetic Ban juga minimal menggunakan semi slick. “Belum pernah coba menggunakan slick drag. Mungkin ke depannya mau dicoba menggunakan ban khusus drag,” sebut salah anggota komunitas #Harapmaklum.

Sayang seri 2 Drag Race Sentul turun hujan, jadi tidak dapat menorehkan waktu terbaik. “RekorJazz saya masih di angka 14,0 detik dengan boost 1,4 bar. Harusnya bisa masuk 13 detik dengan cuaca yang baik dan tidak ada trouble mesin,” jelas pria kelahiran tahun 1980 ini.• (otomotifnet.com)

Data Modifikasi  Honda Jazz GE8 S 2010

Editor : Otomotifnet

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA