Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Harley Davidson Sportster 1200XL 2002, Enggak Ragu Main Potong

Otomotifnet - Senin, 28 Maret 2016 | 15:39 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Enggak mau kalah keren dari rekan satu tongkrongan di Road Eagle Motorcycle Club, Deddy Iman Santoso berjanji dalam hati akan mengubah tampilan Harley Davidson Sportster 1200XL 2002 miliknya jadi lebih keren. Idamannya, gaya scrambler yang keren untuk on road, buat off road ringan juga masih bisa diandalkan.

Karena terlalu bersemangat, pria yang akrab disapa Deddy ini lebih dulu menebus rangka standar Sportster keluaran 1998 untuk dicustom sebelum memilih bengkel yang akan mengerjakan mimpinya ini.

No caption
No credit
No caption
 

“Sebelumnya saya beli frame satu lagi untuk dikorbankan,” kekeh pria yang mengaku masih jomblo ini. Makanya, ketika motor diperca yakan pada Yustinus Erwan Santoso dari Insane Kustom, sang modifikator ini langsung bersorak girang. “Karena sudah bawa frame baru, potong-potong sasisnya makin tenang,” beber pria ramah yang akrab disapa Iyus ini.

Memang apa yang harus dipotong? Tentunya sasis belakang dong! Karena konsepnya scrambler, desain tangki dan sepatbor dibuat minimalis. “Semua dirancang ulang pakai pelat galvanis 1,2 mm, dikerjakan handmade,” bangga Iyus dari bengkelnya di Jatiasih, Bekasi.

No caption
No credit
No caption
 

Sepatbor belakang dirancang imut dan menukik ke atas, desain ini membuat rangka belakang terlalu panjang dan harus dipotong. Batasnya sampai duduk sokbreker belakang. “Sedang tangkinya masih mempertahan bentuk asli, hanya di bagian depan saya coak agar indikator bensin aftermarket bisa dipasang,” beber pria asal Malang, Jatim ini.

Finishing-nya, desain bodi baru dilapis carbon dan dikombinasi dengan warna merah sebagai aksen. “Ini bertujuan agar tampilan scrambler jadi makin sporty,” bebernya sambil menunjuk pelek yang agak nyeleneh. Jika umumnya scrambler pakai pelek jari-jadi, ini malah comot pelek palang moge Kawasaki dengan lebar 3.5 inci di depan dan 4.5 untuk yang belakang. Hasilnya?

“Setiap kongkow, motor saya selalu jadi lirikan,” bangga Deddy yang pilih ban dengan pattern kotak-kotak di motornya yaitu Metzeler Karoo 3. Sip! (motor.otomotifnet.com)

Data Modifikasi
Segitiga depan : Custom By Insane Custom
Setang Fatbar : Baracuda
Raiser : Aftermarket
Spion : Aftermarket
Rem depan : Suzuki GSX-R600
Rem belakang : Yamaha YZF-R6
Fuel indicator : Yamaha Fino
Sok belakang : YSS
Footstep : Custom By Insane Custom
Lengan ayun : Custom By Insane Custom
Gear : Custom By Insane Custom
Pulley : Custom By Insane Custom
Rantai : TK
Pelek : Kawasaki ZX-6R
Ban : Metzeler Karoo 3
Knalpot : Custom By Insane Custom
Frame : HD Sportster 1998
Bodywork Carbon By : Insane Custom
Insane Custom : 081210189845

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa