Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Usir Tetesan Lem Super di Plastik Mika, Enggak Asal Gosok

Otomotifnet - Kamis, 31 Maret 2016 | 13:30 WIB

Solo - Daya rekat lem super seperti PowerGlue, Alteco atau SuperGlue sulit dilepaskan. Apesnya, noda lem ini pun sulit dihilangkan jika menempel ditempat-tempat yang tidak diinginkan. Pada kulit, pakaian atau logam, lem yang punya nama ilmiah cyanoacrylate atau sinoakrilat bisa diusir dengan air cuka atau cairan kimia acetone.

Tinggal basuh dengan cairan tersebut lalu gosok hingga lepas. Tapi masalahnya, jika lem super ini menetes di plastik apalagi mika. Cyanoacrylate yang merupakan senyawa plastik membuat daya rekatnya semakin kuat. Apalagi pada mika transparan, wah lebih repot lagi tuh! Seperti kejadian apes yang dialami konsumen gerai airbush Yoes Brusheadtatto (YB) di Solo Baru, Jateng.

Mika spidometer Honda Vario ketetesan lem Alteco (gbr.1), bahkan sampai ke bodi depan,” buka Paulus Danang Santoso, kru YB yang kedapatan order membersihkan noda membandel ini. “Pada bodi, harus dicat ulang, tapi khusus mika spidometer masih bisa dibersihkan,” bebernya. Caranya, dengan diampelas. Wah bisa nih?

“Kalau di mika bening masih aman deh,” lanjut Paulus yang diangguki Yosafat Anggoro owner YB sambil menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Yang pertama mesti menyiapkan bahan yang digunakan. Di antaranya kompon, dan 2 jenis ampelas yakni ampelas ukuran 400 dan ampelas 2000 (gbr.2). Prosesnya, dimulai dengan mengampelas bagian yang tertetes lem. Untuk proses ini menggunakan ampelas 400. “Lembaran ampelas dipotong seperlunya, lalu bagian yang kena lem diusap dengan ampelas sembari dibasahi air,” ujar Paulus membeberkan prosesnya.

Setelah semua bekas lem hilang, lanjut menggunakan ampelas 2000. Fungsinya menghilangkan bekas goresan dari ampelas pertama. Setelah dirasa cukup, barulah proses kompon dilakukan sampai permukaan mika menjadi bening (foto 4). “Tak hanya bekas lem super, baret halus juga bisa bersih dengan proses ini. Namun kalau baretnya dalam ya enggak bisa bro,” tutup Yoes.

Oiya kalau enggak sempat lakukan sendiri, order saja dengan biaya jasa Rp 200 ribu. Eces lah! • (otomotifnet.com)

Yoes Brusheadtatto : 081229839126

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa