Modifikasi Honda BeAT 2012, Racikan Khusus Wanita

Kamis, 2 Juni 2016 | 13:50 WIB

Powernya smooth tapi laju. Cocok untuk rider wanita, jadi lebih pede untuk buka gas

Depok - Emansipasi wanita di sirkuit road race selalu terbuka, meski populasinya enggak banyak tapi layak disimak. Salah satunya adalah sepak terjang Ayatussypa pembalap cewek kelahiran Pandeglang 18 tahun silam. “Tadinya gak ngerti dan gak suka balap. Awalnya malah aktif panjat tebing dan basket. Sampai pada akhirnya, tahun kemarin diajak mencoba balap oleh teman. Baru sekali latihan eh langsung turun Matic Race,” aku Sypa, panggilan akrabnya.

Potensinya terendus Rudi Suherman dan pembalap nasional Hendra Rusbule yang kemudian melatihnya. Setelah rajin berkompetisi, banyak tim yang berminat. Kini, Ozza Timuran Starcross Racing Team (OTSRT) jadi tempat bernaung.

“Saya sempat latihan bareng dan melihat potensi bagus, racing line yang rapi,” ucap Alvian H.Wijaya, owner OTSRT. Ini terbukti dengan menjuarai podium tertinggi even Bodisa Mizzle Matic Race (9-10/4) lalu di kelas Skutik 130 cc Standar Wanita. Modalnya, sebuah Honda BeAT 2012 racikan Sinergi Motor, asuhan Pakde Djoko.

“Untuk kelas MP7, skutik 130 standar minim ubahan. Hanya bore up dan banyak menggunakan komponen standar,” buka Pakde. Untuk menaikan isi silinder piston FIM dengan diameter 54,75 mm dipilih, hasilnya naik jadi 129,4 cc. “Kompresi diset 12,4:1 berkat dome piston dan papas kepala silinder 0,5 mm,” lanjutnya.

Klep masih standar tapi per klep pakai produk Ozza. Buka tutup klep diatur noken as berdurasi 255º dengan lift 8,8 mm. Memenuhi pasokan bensin dan udara, karbu hanya seting ulang spuyer diakhiri dengan knalpot standar bobok sesuai regulasi untuk kelas MP7. ”Racikan ini, powernya smooth tapi laju. Cocok untuk rider wanita, jadi lebih pede untuk buka gas,” ucap Pakde dari bengkelnya di Jl. M Yusuf Raya, Depok. Mantap! • (otomotifnet.com)

Plus: Oprekan sederhana, murah dan mudah dibawa rider wanita

Minus: Knalpot bobokan dekil, coba dicat ulang

Data Modifikasi Honda BeAT 2012

Editor : Parwata

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA